nusabali

Capres-Cawapres Lolos Tes Kesehatan

  • www.nusabali.com-capres-cawapres-lolos-tes-kesehatan

Setelah tahapan pemeriksaan kesehatan, selanjutnya KPU melakukan verifikasi kelengkapan dokumen pendaftaran Capres-Cawapres.

JAKARTA, NusaBali

KPU mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan Capres-Cawapres 2019. Dalam hasil pemeriksaan kesehatan seluruh pasangan capres dinyatakan memenuhi syarat. "Pemeriksaan ini dilakukan secara orang perorang, maka saya akan bacakan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan capres cawapres satu persatu," ujar Ketua KPU RI, Arief Budiman di kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (14/8). Hasil pemeriksaan yang pertama dibacakan, yaitu hasil kesehatan capres Joko Widodo (Jokowi).

Arief mengatakan dalam hasil pemeriksaan ini Jokowi dinyatakan sehat dan mampu menjalankan tugas sebagai presiden. "Hasil pemeriksaan atas nama tuan Joko Widodo. Pada bakal calon presiden tuan Joko Widodo saat ini tidak ditemukan ketidak mampuan dalam bidang rohani dan jasmani untuk menjalankan tugas presiden," kata Arief.

Arief juga menjelaskan hasil pemeriksaan menyatakan tidak ditemukan penyalah gunaan narkotika. Sehingga Jokowi dinyatakan memenuhi syarat. "Tidak ditemukan penyalah gunaan narkotika dan sikotropika dan zat adictif lainnya. Dalam bahasa umum dinyatakan memenuhi syarat," ujar Arief dilansir detik.com. Hasil kedua yang dibacakan yaitu hasil pemeriksaan calon wakil presiden, Ma'ruf Amin.

Sama halnya dengan Jokowi, dalam keterangannya Ma'ruf dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai wakil presiden dan memenuhi syarat. Selanjutnya Arief membacakan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan Prabowo dan Sandiaga. Kedua pasangan ini dinyatakan memenuhi syarat kesehatan sebagai pasangan capres dan cawapres. Sebelumnya di hari berbeda kedua pasangan capres-cawapres ini lakukan pemeriksaan kesehatan sebagai syarat maju sebagai calon di Pilpres 2019. Pasangan Jokowi-Ma’ruf lakukan pemeriksaan kesehatan pada, Minggu (12/8) dan Prabowo-Sandiaga pada, Senin (13/8). Pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Setelah tahapan pemeriksaan kesehatan, selanjutnya KPU melakukan verifikasi kelengkapan dokumen pendaftaran Capres-Cawapres. "Saat ini kita melakukan verifikasi, nanti tanggal 17 (Agustus) baru akan diberikan hasilnya," ujar komisioner KPU, Ilham Saputra. Ilham mengatakan hasil verifikasi tersebut akan disampaikan secara tertulis (jadwal tahapan Pilpres selengkapnya lihat box). *

Komentar