nusabali

Ribuan Pedagang Pasar Galiran Ikuti Lomba Kebersihan

  • www.nusabali.com-ribuan-pedagang-pasar-galiran-ikuti-lomba-kebersihan

UPT Pasar Semarapura, Klungkung, menggelar lomba kebersihan di Pasar Umum Galiran, Klungkung, serangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, 17 Agustus 2018.

SEMARAPURA, NusaBali
Lomba diikuti oleh semua pedagang yang berjumlah ribuan, pemenang akan mendapatkan reward berupa bebas bayar retribusi hingga tiga bulan. Sedangkan peserta yang terburuk akan dipasangi bendera hitam.

Lomba di Pasar Galiran ini diikuti oleh 241 pedagang kios dan 1.500 pedagang dalam los. Penilaian dilakukan selama tiga hari, sejak 14 - 16 Agustus. Dengan kriteria penilaian yakni kebersihan, kerapian pasar, hingga ketaatan membayar retribusi. Selain itu sejumlah pedagang juga berinisiatif memasang bendera putih di samping kiosnya.

Kepala UPT Pasar Klungkung Komang Widiasa Putra menjelaskan, lomba kebersihan pasar ini kali pertama digelar. Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran para pedagang dalam menjaga kebersihkan dan ketaatan di pasar, termasuk untuk mengajak pedagang dalam memperingati momentum 17 Agustus ini. “Semua pedagang di Pasar Galiran, ikut lomba ini,” ujarnya, kepada NusaBali.

Kata dia, penilaian nanti akan ditentukan juara umum tingkat 1, 2 dan 3, mereka akan mendapatkan reward berupa bebas membayar retribusi. Untuk juara pertama bebas retribusi selama 3 bulan, juara 2 bebas retribusi 2 bulan dan juara ketiga bebas retribusi selama 1 bulan. Selain itu juga dipilih pemenang 5 besar di masing-masing blok, pemenangnya akan gratis retribusi selama setengah bulan atau 15 hari. “Penialian saat ini sedang berlangsung,” katanya. Selain itu, peserta terburuk akan dipasangi bendera hitam di lapak jualannya. Pedagang ini juga akan diberikan sanski dan pembinaan. “Di samping sebagai ajang lomba kegiatan bersih-bersih ini juga untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen saat berbelanja,” ujarnya.

Disebutkan, kebersihan ini tidak hanya untuk menyambut HUT RI, namun akan terus digerakkan dan dilaksanakan. Sementara tu, pada 17 Agustus nanti para pedagang diwajibkan untuk ikut menjadi pengibar bendera merah putih yang akan dilaksanakan di Pasar Galiran.

Pantauan di Pasar Galiran, tak seperti biasanya ribuan pedagang yang berjualan di Pasar Galiran Klungkung, sibuk membersihkan lapak dagangan mereka dan memasang bendera merah putih di atas tempat berjualan mereka. Lomba yang digelar UPT Pasar Klungkung ini adalah lomba kebersihan tempat berjualan/telajakan, dan gang tempat mereka berjualan.

Menurut seorang pedagang Komang Dana, dirinya antusias menyambut lomba ini. Karena kebersihan dan kerapian pasar bukan saja untuk pribadi, tapi untuk masyarakat secara umum saat berbelanja ke pasar.*wan

Komentar