nusabali

Bupati dan Wabup Bangli Kunjungi Puluhan Veteran

  • www.nusabali.com-bupati-dan-wabup-bangli-kunjungi-puluhan-veteran

Bupati Bangli I Made Gianyar dan Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta kunjungi puluhan veteran di Bangli, Selasa (14/8).

BANGLI, NusaBali

Kunjungan ini adalah kepedulian kepada pahlawan perjuangan yang masih hidup (veteran). Ada 23 veteran yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Bangli yang dikunjungi Bupati Made Gianyar dan rombongan. Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Bangli Komang Carles, Dandim 1626 Bangli Andy Pranoto, Kajari Bangli dan Wakapolres Bangli Kompol Ketut Gelgel.

Bupati Made Gianyar mengatakan, kunjungan ini merupakan bentuk silaturahmi dan ucapan terima kasih kepada pejuang veteran yang sudah mengorbankan jiwa raga untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Sebagai bangsa yang besar, harus ingat jasa para pahlawan. Bupati ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada veteran atas pengorbanan dan jasa-jasanya, sehingga generasi sekarang bisa menikmati kemerdekaan.  

Wabup Sedana Arta mengatakan, jasa-jasa veteran dalam perjuangan kemerdekaan tidak bisa diukur dengan apapun. Di masa penjajahan mereka rela mengorbankan harta, jiwa, dan raga untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sedana Arta mengajak generasi muda agar lebih memperhatikan para veteran di usia senjanya. Menghargai jasa-jasa pahlawan, Wabup Sedana Arta menghimbau seluruh komponen bangsa untuk selalu bersatu padu, demi tegaknya NKRI. “Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk selalu bersatu padu, menjaga kedaulatan bangsa ini. Kita adalah bangsa yang besar. Kita harus ingat sejarah. Dan NKRI harga mati,”serunya.

Kepala Dinas Sosial Bangli, I Nengah Sukarta, mengatakan selain memberi bingkisan kepada para veteran, juga mendata kondisi maupun kebutuhan para pejuang kemerdekaan ini. Seperti salah satunya veteran Dewa Putu Oka, 95, asal Lingkungan Puri Bukit, Kelurahan Cempaga, Bangli. Kondisi terakhir stroke. Selain itu, rumahnya juga kurang baik. Untuk itu lanjut dia, setelah kunjungan hari ini, kita akan melakukan kunjungan ulang.

Veteran Dewa Putu Oka nantinya akan bantu servis rumah dan memberikan bantuan perlengkapan rumah seperti kasur, selimut, bantal, dan sebagainya. Sedangkan untuk veteran lainnya, bantuan akan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. “Saat ini di Kabupaten Bangli ada 249 veteran yang masih hidup, 23 di antarannya dalam keadaan sakit. Hari ini kami datang sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada pejuang kemerdekaan diusia senjanya,” ungkapnya. *es

Komentar