nusabali

Kerja Ekstra Demi Hormati para Pahlawan

  • www.nusabali.com-kerja-ekstra-demi-hormati-para-pahlawan

Petugas Kebersihan Tangani Sampah Perayaan HUT Kemerdekaan RI

GIANYAR, NusaBali
Perayaan hari besar nasional khususnya di Gianyar, tak terpisahkan dari trend peningkatan volume sampah. Seperti pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Gianyar. Peningkatan volume sampah khususnya di seputaran Kota Gianyar meningkat 480 kubik lebih/hari atau sekitar 30 persen dari rata-rata volume sampah 1.511 kubik/hari. Akibatnya, petugas kebersihan di wilayah ini harus kerja ekstra untuk mewujudkan kebersihan.

Informasi di Gianyar, Rabu (15/80), peningkatan volume sampah terjadi sejak pemasangan hiasan pintu masuk, bangunan perkantoran baik kantor pemerintah dan swasta, 1 Agustus 2018. Selanjutnya, pelbagai jenis lomba, dan termeriah yakni lomba gerak jalan mulai tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Lomba-lomba ini selalu memikat puluhan ribu penonton, hingga peningkatan volume sampah tak terhindarkan. Belum lagi, beberapa jenis lomba digelar mulai di Lapangan Astina Raya Gianyar, GOR Kebo Iwa Gianyar, dan tempat lainnya.

Meski volume sampah terus meningkat hingga puncak HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus, ratusan petugas kebersihan masih tampak tegar dalam bertugas.

Salah seorang petugas kebersihan yang juga mandor penyapuan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar Gde Yogik mengatakan, kerja ekstra pembersihan sampah selama kegiatan perayaan hari nasional, sudah menjadi tradisinya. Namun tradisi kerja keras ini seiring dengan tujuan dan pemaknaan perayaan HUT Kemerdekaan RI. Menurutnya, peningkatan kebersihan pasca kegiatan HUT Kemerdekaan ini merupakann bagian penting dalam pelbagai kegiatan tersebut.

‘’Karena kami sadar bahwa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah tentu tak mudah jika dibandingkan mewujudkan kebersihan,’’ ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengakui bagi petugas kebersihan tak ada kata lelah, apalagi di tengah peringatan HUT Kemerdekan RI. Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra mengakui volume sampah pasti meningkat dalam setiap kegiatan hari-hari nasional, terutama HUT Kemerdekaan RI. Jelas dia, peningkatan volume sampah ini wajib ditindaklanjuti dengan peningkatan penyapuan, pengangkatan dan pengangkutan sampah, sampai pengelolaan di TPA (tempat pengolahan akhir) di TPA Temesi, Gianyar. ‘’Konsekuensinya, setiap peringatan hari besar nasional wajib dikuti keras petugas kebersihan. Kami rasakan, kerja keras ini sebagai wujud nyata para petugas dalam menghormati para pejuang dalam mewujudkan kemerdekaan ini. Kami pun bangga pada mereka (petugas kebersihan,Red)’’ jelas mantan Camat Gianyar asal Banjar Kesian, Desa Lebih, Gianyar ini.

Namun pihaknya sangat berharap selama kemeriahan HUT Kemerdekaan RI, tak terjadi turun hujan. Karena jika turun hujan, praktis berat sampah akan berlipat ganda akibat sampah sarat air. Akibatnya, energi para petugas kebersihan makin cepat terkuras. ‘’Petugas kebersihan ini juga manusia. Mereka juga bisa didera lelah hingga perlu istirahat,’’ jelasnya.

Puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Gianyar, 17 Agustus, Jumat besok, berupa apel peringatan detik-detik Proklamasi. Lanjut, tatap muka dengan para veteran dan pemberian remisi. Ada juga lomba panjat pinang, dan sejumlah hiburan.*lsa

Komentar