nusabali

Ratusan Warga Meriahkan HUT RI di Sungai

  • www.nusabali.com-ratusan-warga-meriahkan-hut-ri-di-sungai

Serangkian memeriahkan peringatan HUT Kemerdkaan RI ke-73, warga Lingkungan/Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, menggelar sejumlah kegiatan lomba di Tibu Sempit, Sungai Ijogading.

NEGARA, NusaBali
Dimulai dengan lomba untuk anak-anak pada Kamis (16/8), hingga lomba memancing udang suwah Jumat (17/8).  Kegiatan lomba yang juga dijadikan ajang mengkampanyekan peduli lingkungan Sungai Ijogading, itu pun diramaikan ratusan warga. Seperti tampak Jumat kemarin. Lomba memancing udang suwah di Tibu Sempit yang diikuti sekitar 500 peserta mulai sekitar pukul 13.00 Wita itu, juga diisi hiburan penyanyi dari Banyuwangi, Jawa Timur, dengan iringan organ tunggal lomba memancing udang suwah yang digelar melalui dukungan anggota DPRD Jembrana I Made Yudha Baskara. Lomba memperebutkan doorprize berupa uang tunai itu juga tidak hanya diikuti warga Kelurahan Baler Bale Agung. Namun diramaikan sejumlah desa/kelurahan lainnya, yang juga merupakan warga sekitar Sungai Ijogading. “Ini kegiatan swadaya masyarakat. Hadiah doorprize juga kami siapkan melalui partisipasi masyarakat,” kata Yudha Baskara.

Selain lomba memancing udang suwah, juga sempat digelar berbagai lomba untuk anak-anak di Tibu Sempit ini, Kamis (16/8). Di antaranya, lomba balap kelereng, lomba memasukan benang, dan lainnya. Termasuk ada salah satu lomba yang secara logika tidak mungkin dilakukan, yakni lomba berdiri di atas drum di atas permukan air.  “Walaupun tidak mungkin (berdiri di atas drum di atas permukan air), tetapi masyarakat sangat antusias, karena memang semangatnya adalah kebersamaan. Sama seperti sekarang lomba memancing udang suwah. Udang suwah sudah sangat sulit didapatkan, tetapi banyak ikut. Tetapi untuk memeriahkan, walaupun bukan udang suwah, yang dapat udang pertama dan lain-lain tetap kami berikan doorprize,” ujar Yudha Baskara, yang juga didampingi seorang tokoh warga Baler Bale Agung I Komang Sapta Adi Suardika.

Menurut Yudha Baskara, sejumlah kegiatan lomba serangkain HUT RI di Tibu Sempit, Sungai Ijogading ini, dilaksanakan berkaitan upaya memperkuat kesadaran warga untuk peduli lingkungan, khususnya di Sungai Ijogading. Di mana saat ini, kesadaran warga Baler Bale Agung untuk menjaga kebersihan sungai terbesar di Kota Negara, telah meningkat. Terbukti dengan perubahan kebiasan warga setempat, yang tidak lagi membuang sampah sembarangan ke sungai, dan rutin menggelar gotong-royong di sekitar sungai, untuk membersihkan sampah-sampah dari hulu.

Di samping berbagai lomba di Tibu Sempit, kata Yudha Baskara, sebagai puncak acara serangkaian HUT RI, juga akan digelar lomba ngibing di Bale Banjar Baler Bale Agung, Sabtu (18/8) malam. Dalam membuat sejumlah kegiatan itu, dia pun berkolaborasi dengan sejumlah tokoh Baler Bale Agung, yang kebetulan juga memiliki kegiatan serangkaian HUT RI, sehingga kegiatan terus menyambung, dan tercipta suasana lebih meriah. *ode

Komentar