nusabali

Tabur Bunga di Makam Pahlawan Ciung Wanara

  • www.nusabali.com-tabur-bunga-di-makam-pahlawan-ciung-wanara

Perbekel Desa Kesimpar, I Gede Intaran, pimpin tabur bunga di makam pahlawan AA Made Chandra Bhuana dan Lettu I Wayan Sinta di Banjar Poh, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Kamis (16/8).

AMLAPURA, NusaBali
Dua pahlawan itu adalah anggota pasukan Ciung Wanara pimpinan Letkol I Gusti Ngurah Rai. Mereka ditembak mati pasukan NICA sepulang dari perang di Banjar Tanah Aron, Desa Bhuana Giri, 10 Juli 1946.  

Kegiatan diawali dengan pembacaan doa, penghormatan kepada dua pahlawan, dan tabur bunga bersama. Perbekel Gede Intaran berharap kegiatan mengenang jasa-jasa para pahlawan diteruskan generasi muda hingga menjadi tradisi setiap tahun. “Upacara tabur bunga untuk menghormati amal bhakti para pahlawan yang telah berhasil mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” jelas Gede Intaran.

Turut hadir adik kandung Lettu I Wayan Sinta, Kombes Pol Purnawirawan I Gede Yasa. “Terima kasih kepada generasi muda yang telah antusias menghormati jasa-jasa para pahlawan. Tradisi ini mesti dilanjutkan agar pejuang kita tetap dikenang sebagai inspirasi pembangunan di segala bidang,” jelas Kombes Gede Yasa. Dua makam pahlawan tersebut baru selesai diperbaiki secara swadaya oleh masyarakat Desa Kesimpar dan bantuan anggota Korpri Kecamatan Abang, Rabu (15/8). *k16

Komentar