nusabali

Kantor Desa Tenganan Terbakar

  • www.nusabali.com-kantor-desa-tenganan-terbakar

Kantor Desa Tenganan Kecamatan Manggis, Karangasem, terbakr, Rabu (22/8) sekitar pukul 10.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali
Kantor desa yang berlokasi di Banjar Kauh itu diduga terbakar akibat korsleting listrik. Warga setempat memadamkan kebakaran dengan cara manual sebab petugas kebakaran tidak mampu menjangkau lokasi. Kebakaran terjadi di tengah pemukiman yang tidak ada akses jalan raya.   

Perbekel Desa Tenganan, Putu Yudiana menjelaskan kebakaran kantor desa diketahui pertama kali olej warga setempat, I Wayan Kariada. Saat itu Kariada kebetulan melintas dan melihat kepulan asap dari atap aula Kantor Desa Tenganan. Kariada melaporkan kejadian itu ke Kaur Keuangan Kadek Supadnyana. Kaur Keuangan itu kemudian minta bantuan warga yang bermukim di sekitar kantor desa.

Warga beramai-ramai datang memadamkan api dengan memanfaatkan air kran di depan Kantor Desa Tenganan dan di depan balai pertemuan. Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.30 Wita. Setelah api berhasil dipadamkan, Perbekel Tenganan bersama perangkat desa mengecek ke aula yang terbakar. Dua meja kantor desa terbakar, 8 kursi, 3 kaca jendela pecah, dan satu kipas angin terbakar. Bangunan yang terbakar hanya plafon.

“Kipas angin selama ini terpasang di aula dan selalu dalam kondisi terhubung listrik. Api diduga datang dari kabel kipas angin sehingga diperkirakan penyebab kebakaran korsleting listrik,” duga Putu Yudiana. Kerugian material yang ditimbulkan yakni kursi, meja, kipas angin, jendela, dan plafon. “Semua arsip desa aman,” jelas Putu Yudiana. Babinsa Desa Tenganan dan Babinkamtibmas Desa Tenganan turut bantu padamkan api. *k16

Komentar