nusabali

SMPN 2 Amlapura Raih Dua Emas PKTP

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-raih-dua-emas-pktp

SMPN 2 Amlapura sukses meraih dua medali emas dalam lomba Kegiatan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Karangasem 2018.

AMLAPURA, NusaBali

Medali emas itu lahir dari nomor baca puisi dan penyuluh kanker. Lomba di elar di lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai, Amlapura dibuka Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Karangasem Nyonya Sarini Artha Dipa, Kamis (23/8).

Ada lima jenis lomba digelar secara terpadu yakni membaca puisi, lomba melukis (poster) tema kanker, lomba penyuluh kanker, lomba PKTP tingkat sekolah, dan koor. Kali ini telah menyelesaikan tiga nomor, tiap nomor melombakan tingkat SD, SMP, dan SMA. Tiap kecamatan diwakili satu sekolah SD, SMP, dan SMA. Dua medali emas dimenangkan SMPN 2 Amlapura dari nomor lomba baca puisi. Medali emas itu diraih Meliana Putri, siswi kelas IX/1 dengan skor 1.007. Posisi dua yakni Ida Ayu Putu Sri Darmini Wati dari SMPN 2 Amlapura dengan skor 994 dan Ni Kadek Popi dari SMPN 3 Abang skor 981.

Dewan juri lomba baca puisi yakni I Dewa Raka Kusuma didampingi dua anggotanya I Ketut Sandiyasa dan I Nyoman Agus Sudipta. Satu medali emas lagi dimenangkan SMPN 2 Amlapura dari nomor lomba penyuluh kanker melalui Ni Luh Putu Happy Nirmala skor 155. Unggul satu poin dengan I Gusti Ayu Bulan Pratami dari SMPN 1 Sidemen skor 154, dan I Made Raun Abiyoga dari SMPN 2 Amlapura skor 153.

Sedangkan dari nomor lomba melukis poster tingkat SMP dengan dewan juri I Made Wisna, I Nengah Badra, dan I Gede Budiarta. Medali emas dimenangkan Ni Luh Ade Sadnyani dari SMPN 3 Rendang skor 264, mengungguli rekannya Ni Kadek Tenta Wahyuni skor 257 berhak atas medali perak. Medali perunggu diraih I Kadek Adi Indrawan dari SMPN 1 Selat, skor 252.

Sedangkan di nomor SD, pemenangnya terbagi rata masing-masing juara lomba melukis poster dimenangkan Pande Kadek Asoka Nabe Pradnya dari SDN 1 Pidpid Kecamatan Abang, lomba baca puisi dimenangkan Ni Made Diah Savitri dari SDN 4 Padangkerta Kecamatan Karangasem, dan lomba penyuluh dimenangkan Ni Komang Ayu Tri Oktapiani dari SDN 2 Peringsari Kecamatan Selat. Tingkat SMA, dua medali emas dimenangkan SMAN Rendang masing-masing nomor lomba penyuluh dimenangkan I Putu Doni Irawan dan baca puisi dimenangkan Ni Wayan Novita.

Satu gelar lagi di nomor melukis poster dimenangkan I Gede Nuarta dari SMAN Kubu. Meliana Putri, mengaku optimis menang sejak awal, karena telah melakukan persiapan di bawah guru pembina Ni Luh Mandri. “Saya sudah berpengalaman ikut lomba, makanya tampil percaya diri,” jelas juara Komputerisasi Aksara Bali Tingkat Provinsi Bali 2017 dan juara Lomba Yoga di IHDN Denpasar 2016. Ketua YKI Cabang Karangasem Nyonya Sarini Artha Dipa mengatakan, lanjutan lomba tingkat sekolah, dengan dewan juri mendatangi sekolah masing-masing. “Sekolah yang menang lomba, begitu juga pemenang nomor perorangan berhak ke lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali 2018,” jelas Nyonya Sarini Artha Dipa. *k16

Komentar