nusabali

Zeal SC SMAN 4 Denpasar Raih ‘The First Runner-Up’ Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-zeal-sc-sman-4-denpasar-raih-the-first-runner-up-tingkat-nasional

Prestasi kembali ditorehkan siswa siswi SMAN 4 Denpasar (Foursma).

DENPASAR, NusaBali

Kali ini bukan tentang lomba dalam bidang akademik, melainkan lomba bidang entrepreneur muda dalam Indonesia Student Company Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia di Jakarta belum lama ini. Tim Foursma dibawah kepemimpinan Dr Drs I Ketut Kerta MPd, kali ini berhasil meraih peringkat ‘The First Runner-Up’ dalam ajang tersebut.

Seperti diketahui, Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama mitra sponsor program kembali menggelar ajang tahunan Indonesia Student Company Competition (ISCC) 2018. Ajang ini ditujukan untuk mendorong generasi Z terjun jadi wirausaha muda. Jadi, kelompok siswa membentuk satu tim untuk membentuk satu perusahaan siswa. Perusahaan siswa tidak semata-mata mencari keuntungan, namun di sisi lain juga turut memberikan edukasi tentang dunia wirausaha.

Perjalanan tim Foursma yang mampu menembus tingkat nasional diawali dari perjuangan di tingkat regional. Menurut Wakasek Bidang Kesiswaan Foursma Made Sudana SPd MPd, didampingi Guru Pembina Student Company Foursma Drs I Dewa Ketut Sujana beserta tim Student Company (SC) Foursma, setelah mengikuti perlombaan regional student company pada 20 Mei 2018, Foursma berhasil menyisihkan 4 SC lainnya, dan menjadi the best student company dan mewakili provinsi Bali dalam ajang nasional.


Tim SMAN 4 Denpasar sendiri membentuk sebuah perusahaan siswa dengan nama ‘Zeal Student Company’ yang menjual produk unggulan berupa Gunny Footwear sepatu berbahan dasar kain goni, kemudian didesain trendy dan nyaman dalam dua model, yaitu slip on model dan sepatu bertali. Harga Gunny Footwear ini ditawarkan mulai Rp. 129.000 - Rp. 165.000. Tidak hanya fokus pada profit semata, Zeal SC merupakan perusahaan berbasis sociopreneur. Perusahaan ‘Zeal Student Company’ ini dipimpin oleh Ni Nyoman Dea Intan Sari dengan diperkuat 20 orang siswa kelas 11.

Wakasek Sudana mengapresiasi keberhasilan anak didik SMAN 4 Denpasar yang berhasil meraih predikat ‘The First Runner-Up dalam ajang ini. Bahkan berharap, pada tahun-tahun mendatang, Student Company Foursma terus meningkat kan kualitas sehingga mampu meraih peringkat I nasional.“Kami memberi apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih ini. Kedepan mesti ditingkatkan. Varian produk juga hendaknya lebih beragam. Tak hanya sepatu tetapi yang lainnya. Kedepan kami berharap SC Foursma bisa meraih juara I nasional,” harapnya.

Sementara itu, senada dengan Wakasek Sudana, Guru Pembina Student Company Foursma Drs I Dewa Ketut Sujana juga menyampaikan apresiasinya terhadap raihan prestasi tersebut. Menurutnya, anak-anak SMAN 4 Denpasar telah tampil maksimal dalam ajang ini.“Kami cukup puas dengan hasil yang diraih ini. Sejak empat tahun mengikuti ajang ini, baru sekarang mampu meraih juara nasional. Kami harapkan kedepan bisa tampil lebih maksimal,” tuturnya.

Guru mengajari ilmu Ekonomi ini berharap, jiwa kewirausahaan terus dikembangkan di masa-masa mendatang oleh para pelajar, termasuk setelah menyelesaikan pendidikan di Foursma. Bahkan, produk yang dihasilkan kedepannya nanti tak hanya sepatu, melainkan berkembang juga varian yang lain, seperti aksesoris HP yang cukup prospektif.

Pada kesempatan beberapa waktu lalu, kepada NusaBali, VP of Public Relations Zeal Student Company, Putu Grandiva Mahasuary menjelaskan, Zeal Student Company adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh siswa. Perusahaan siswa ini merupakan generasi keempat dari Foursma Young Entrepreneur. Dikatakan, Zeal Student Company berbasis sociopreneur, yang berarti perusahaan siswa yang dibentuk tidak sekedar mencari keuntungan, namun membantu juga lingkungan sekitar, seperti memberikan edukasi tentang dunia wirausaha.

Layaknya sebuah perusahaan sungguhan, Zeal SC beranggotakan 20 orang siswa dengan berbagai divisi dan jabatan di dalamnya. Seperti divisi production, marketing, finance, human resource development, dan public relations. Setiap divisi memiliki kegiatan dan tugasnya masing-masing guna menjalankan perusahaan. *ind

Komentar