nusabali

Pameran ‘60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang dan Indonesia’

  • www.nusabali.com-pameran-60-tahun-hubungan-diplomatik-jepang-dan-indonesia

Hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia memasuki usia yang ke-60 tahun.

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Jepang dan Indonesia menyepakati kerjasama mengadakan berbagai acara guna merayakan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Untuk memaknainya, EMP Gallery Japan dan Danes Art Veranda menyelenggarakan pameran seni rupa dengan melibatkan 10 seniman Indonesia dan 53 seniman Jepang. Pameran dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Denpasar, I Made Toya mewakili Walikota Denpasar, Jumat (24/8) sore.

Sepuluh seniman Indonesia yang ikut berpartisipasi antara lain: Anthok S, Diwarupa iNm, Herry Yahya, Galung Wiratmaja, Made Budhiana, Made Gunawan, Made Supena, Rendra Samjaya, Tatang B.Sp dan Winarto.

Karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini meliputi karya lukis dan patung. Pilihan tema pada keseluruhan karya sangatlah beragam, diantaranya tema sosial, binatang, landscape, still life, tradisi, kaligrafi, dan abstrak, dengan pendekatan teknik yang juga beragam.

Pada saat yang sama, dalam pameran ini ditampilkan pula 36 lukisan karya anak-anak Bali Japan Club dan 10 lukisan para pelajar Sekolah Menengah Umum Negeri 81 Jakarta.

Setelah dipamerkan selama dua hari di Bali, sepuluh karya seniman asal Indonesia akan dipamerkan di Jepang selama sebulan. “Inisiatif budaya melalui pertukaran karya seni  semacam ini diharapkan merupakan pendekatan terbaik untuk memperkenalkan kepada masyarakat kedua negara tentang khazanah seni budaya masing-masing,” ujar salah satu seniman, Tatang B.Sp

Sementara itu, Deputi Konsul-Jenderal Jepang di Denpasar, Koichi Ohashi yang hadir saat pembukaan pameran kemarin, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan persahabatan yang telah terjalin selama 60 tahun antara Indonesia dan Jepang. "Saya berharap agar acara pertukaran seni ini menjadi kesempatan yang baik, khususnya bagi seniman Bali dan Jepang, untuk mengenal lebih dalam kesenian masing-masing dan mempererat hubungan kedua negara," katanya. *isu

Komentar