nusabali

Pelantikan 285 Pramuka di SMAN 2 Amlapura

  • www.nusabali.com-pelantikan-285-pramuka-di-sman-2-amlapura

SMAN 2 Amlapura melantik 285 anggota Pramuka yang tergabung di Ambalan Candra-Kanya Widya Loka 01.003-01.004.

AMLAPURA, NusaBali
Pelantikan itu berlangsung saat acara kemah Persami (Perkemahan Sabtu-Minggu) di halaman sekolah, Jalan Untung Surapati Amlapura, Sabtu (25/8). Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) yang juga Kasek SMAN 2 Amlapura, I Nengah Miyasa, mengatakan sebelum pelantikan sebanyak 285 anggota Pramuka dari kelas X itu telah melalui pembekalan. Miyasa menegaskan, pendidikan Pramuka terpadu dan saling mendukung. Pramuka dengan amanat Dasa Dharma Pramuka mengajarkan disiplin, karakter, hormat kepada guru, orangtua, dan taat melakukan persembahyangan. “Pendidikan harus seimbang antara akademis dan pendidikan disiplin,” jelas Miyasa.

Persami di bawah arahan pembina I Made Jingga dan I Made Putra diawali dengan sembahyang bersama di padmasana SMAN 2 Amlapura, gladi upacara, upacara pembukaan, pengarahan tata cara mengikuti out bond dan penjelajahan. Selanjutnya out bond menjelajah lahan sawah dan tegalan di luar sekolah. Puncak upacara pelantikan pada pukul 15.30 Wita. Api unggun pukul 22.50 Wita. Sedangkan acara Minggu (26/8) diawali olahraga pagi, sembahyang, pembekalan materi Pramuka, dan di akhiri upacara penutupan.

Made Jingga mengatakan, acara pelantikan anggota berlangsung setiap tahun untuk siswa baru. “Sebelum jadi anggota Pramuka mesti dilakukan pelantikan, sesuai tradisi Pramuka. Sebab sebelum jadi anggota ada prosesinya, dapat pembekalan dan pemahaman soal Pramuka,” kata Made Jingga. Sebab, setiap siswa wajib ikut Pramuka sesuai amanat Kurikulum 2013, di samping ada ekstrakurikuler Pramuka. *k16

Komentar