nusabali

SMK di Bangli Terima 2 Siswa Afirmasi

  • www.nusabali.com-smk-di-bangli-terima-2-siswa-afirmasi

Siswa afirmasi ini harus kerja ekstra untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan.

BANGLI, NusaBali
Pada tahun ajaran 2018/2019, SMK di Bangli kembali menerima siswa afirmasi asal Papua sebanyak 2 orang. Siswa tersebut mengikuti pembelajaran di SMKN 1 Bangli dan SMKN 2 Bangli. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Bangli, I Wayan Suparta, mengatakan tahun ini jumlah siswa afirmasi yang memilih SMK lebih sedikit dibandingkan peminat SMA.

Siswa afirmasi diberikan kekebasan memilih masuk SMA ataupun SMK. “Siswa berhak memilih sesuai minatnya. Di masing-masing sekolah ada target, untuk di SMKN 2 Bangli maupun SMKN 1 Bangli target 2 siswa, realisasi di masing-masing sekolah 1 siswa. Mereka lebih memilih SMA,” ungkap Wayan Suparta, Selasa (28/8). Wayan Suparta yang juga Kasek SMKN 2 Bangli menambahkan, siswa afirmasi yang memilih SMKN 2 Bangli bergabung di jurusan Akomodasi Perhotelan. “Di sekolah kami saat ini ada dua siswa afirmasi, kelas X dan XI,” ujarnya.

Terpisah, Waka Kesiswaan SMKN 1 Bangli, Ngakan Asmara Putra, menyampaikan siswa afirmasi yang baru memilih jurusan Teknik Jaringan Komputer (TKJ). Siswa afirmasi ini harus ekstra untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan. Ngakan Asmara Putra mengaku pernah mengembalikan sejumlah siswa afirmasi karena melakukan tindakan fatal. “Siswa tidak masuk berbulan-bulan, kami melakukan pembinaan namun yang bersangkutan tidak ada respon, kemungkinan siswa tersebut tidak ada keinginan belajar,” bebernya. Sementara siswa afirmasi tahun ini bisa menunjukkan keseriusannya dalam belajar dan ada keinginan untuk maju. *es

Komentar