nusabali

Pramuka Jangan Terlibat Hiruk-pikuk Politik!

  • www.nusabali.com-pramuka-jangan-terlibat-hiruk-pikuk-politik

Pramuka diharapkan tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter muda Indonesia dalam menjaga NKRI.

GIANYAR, NusaBali
Anggota pramuka di Kabupaten Gianyar juga hendaknya mampu membawa kesejukan dan jangan terlibat dalam hiruk-pikuk dunia politik.  Hal itu ditekankan Plh Bupati Gianyar Ir I Made Gede Wisnu Wijaya selaku Inspektur Upacara pada upacara peringatan HUT Pramuka ke-57 tahun 2018 di Bumi Perkemahan Pramuka Gianyar, Desa Lodtunduh, Ubud Gianyar, Selasa (28/8).

Membaca sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka RI DR Adhyaksa Dault, Wisnu Wijaya menegaskan, sebagai tahun politik yang ditandai dengan penyelenggaraan pemilihan presiden dan wakil presiden  tentu akan membuat suhu politik agak memanas.

Ia berpesan agar gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis. ‘’Harus dipahami, gerakan pramuka saat ini tidak sama dengan saat dilahirkan 57 tahun yang lalu. Perlu rebranding pramuka baru yang diminati generasi muda,’’ jelasnya.

Kata dia, pramuka hendaknya mengikuti perkembangan zaman, harus bisa memanfaat segala macam kemajuan teknologi yang berkembang dewasa ini. Generasi era ini dikenal dengan generasi ciber yang ditandai, anggota pramuka harus bisa mengupdate kegiatan pramuka di media sosial.

Humas Kwarcab Gianyar I Nyoman Krisnayana, usai apel menjelaskan, sesuai dengan arahan kwartir nasional (Kwarnas) tentang generasi ciber, Kwarcab Gianyar juga sudah sigap menanggapi hal tersebut. Kini pramuka Kwarcab Gianyar sudah selangkah lebih maju. Kwarcab Gianyar telah memiliki tim cyber Pramuka untuk mengupdate setiap kegiatan pramuka di medsos. Bahkan pada awal Agustus 2018,  Kwarcab mengukuhkan duta Pramuka Gianyar Dedi Tompel (Celekontong Mas) sebagai bagian dari upaya rebranding wajah kepramukaan di Gianyar. Duta ini nanti sebagai sosok atau maskot pramuka di medsos sehingga para netizen tertarik membuka line pramuka Gianyar. Ditambah Krisnayana, pihaknya telah memiliki tag line ‘setiap pramuka adalah kantor berita’. Artinnya seluruh anggota pramuka memiliki tanggung jawab di medsos untuk membuat konten positif tentang pramuka.

Peringatan HUT Pramuka ke-57 dihadiri para pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar, para pimpinan OPD, para camat se Kabupaten Gianyar, dan tokoh masyarakat.*lsa

Komentar