nusabali

Guru Pukul Murid dengan Sepatu

  • www.nusabali.com-guru-pukul-murid-dengan-sepatu

Seorang guru menampar seorang siswa di dalam kelas. Perbuatan guru yang diketahui bernama Suci itu terekam kamera ponsel.

MAGETAN, NusaBali
Rekaman video tersebut viral di media sosial dan apilkasi percakapan. Video dengan durasi 21 detik tersebut memperlihatkan guru pengajar Bahasa Inggris ini berdiri di depan seorang siswa berseragam biru putih. Guru yang mengenakan seragam krem itu memegang sepatu dan tampak marah.

"Ngapain senyam senyum...jawab cepet kenceng," ucap guru itu sambil memukul sang murid memakai sepatu dengan tangan kanannya. Pukulan sang guru mengenai perut dan dada siswa laki-laki itu. Siswa tersebut tampak diam menahan sakit. Tak puas sampai di situ, sang guru kembali memukul siswanya. Kali ini mengenai pipi. Belum diketahui apa pemicu kemarahan guru tersebut. Diduga aksi kekerasan itu terjadi di SMPN 2 Magetan sekitar Desember 2017 silam.

Kepala Sekolah SMPN 2 Magetan mengakui video tersebut memang terjadi di sekolahnya. Namun pihaknya baru mengetahui dan akan segera melakukan kroscek dengan memanggil guru dan siswa tersebut. "Kejadiannya betul. Itu dulu waktu si siswa kelas 7, sekarang dia kelas 8. Kami akan selesaikan kasus ini," ujar Kepala Sekolah SMPN 2 Magetan Nursalim kepada wartawan di kantornya, Selasa (28/8).

Dikatakan Nursalim, tindakan guru tersebut sangat keterlaluan. Namun pihaknya akan melakukan penyelesaian kasus tersebut. "Tapi keterlaluan itu, langkah dari sekolah kami cek kebenarannya dan siswa yang dipukul kemarin kami panggil juga," katanya.

Nursalim mengatakan kejadian tersebut agar jadi pembelajaran bagi para guru untuk tidak berbuat kekerasan terhadap para murid. Sementara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Magetan akan melakukan mediasi soal kasus guru memukul siswa dengan sepatu. Mediasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa tersebut akan melibatkan polisi.

"Kami akan pertemukan antara pihak guru serta wali murid untuk melakukan mediasi. Karena sudah lama kejadiannya namun baru sekarang viral," ujar Kabid Dikdas SD SMP Disdikpora Magetan Suroso saat, Selasa (28/8) seperti dilansir detik. Dikatakan Suroso, guru di dalam video itu bernama Suci, guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Magetan. “Untuk sanksi kami masih rundingkan dulu,” kata Suroso. *

Komentar