nusabali

Pedagang Pasar Ubud Kena Sidak Kebersihan

  • www.nusabali.com-pedagang-pasar-ubud-kena-sidak-kebersihan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar menggelar sidak kebersihan di Pasar Ubud, Rabu (29/8) pagi.

GIANYAR, NusaBali

Sidak ini digelar untuk memastikan kebersihan di kawasan pasar yang juga tujuan wisatawan itu. Terlebih dalam waktu dekat pasar yang menawarkan berbagai kerajinan dan kesenian itu akan dikunjungi rombongan delegasi International Monetary Fund (IMF)-World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018 mendatang.

Sidak ini dilakukan petugas DLH Gianyar dengan menyasar sejumlah sudut di Pasar Ubud mulai Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WITA.  Dalam sidak itu petugas DLH juga menggandeng Satpol PP Gianyar dan petugas Pasar Ubud. Selain mengecek dan memungut sampah, petugas juga memberikan edukasi kepada masyarakat setempat terkait pentingnya menjaga kebersihan.

Kepala DLH Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, menjelang kegiatan IMF di Bali, DLH Gianyar terus meningkatkan kebersihan di kawasan seni ini. Bila sebelumnya petugas melakukan kebersihan dengan menyasar pesisir pantai, kali ini DLH Gianyar melakukan sidak kebersihan di Pasar Ubud.

"Sebenarnya kita menggencarkan gerakan kebersihan di semua desa, dengan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat, hari ini DLH lakukan sidak ke Pasar Ubud," ucapnya. Dalam sidak itu petugas DLH juga berkoordinasi agar senantiasa meningkatkan kebersihan di kawasan Pasar Ubud. Apalagi pasar yang ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya ini merupakan peraih nominasi pasar terbersih dalam lomba yang diselenggarakan DLH Gianyar tahun ini.

"Jadi predikat ini harus dipertahankan, terlebih menjelang kegiatan IMF-World Bank Annual Meeting, karena sudah dipastikan kunjungan delegasi akan ke Pasar Ubud, maka kebersihan patut dijaga," ajaknya. Kujus sendiri memaklumi pasar sebagai tempat interaksi berbagai komponen masyarakat, sudah pasti terjadi peningkatan produksi sampah. Sebab itu pihaknya mengharapkan pengertian semua pihak untuk menjaga kebersihan di kawasan Pasar Ubud.

"Kalau sudah ada pengertian semua pihak, kebersihan pasar Ubud pasti akan terjaga dengan baik, dan wisatawan pun nyaman berkunjung ke pasar ini," ucap Kujus. *nvi

Komentar