nusabali

Boyong Juara Lomba Bercerita Tingkat Provinsi

  • www.nusabali.com-boyong-juara-lomba-bercerita-tingkat-provinsi

Satu lagi siswa asal Klungkung melaju ke tingkat nasional, Ni Made Niti Artasari, siswa SDN 1 Semarapura Kangin akan mengikuti lomba bercerita dalam rangka Hari Gemilang Perpustakaan Nasional 2018 di Jakarta pada 3-7 September mendatang.

Siswa Klungkung Siap Bersaing di Tingkat Nasional


SEMARAPURA, NusaBali
Made Niti mewakili Bali ke tingkat nasional setelah berhasil meraih juara 1 bercerita dalam lomba minat baca tingkat Provinsi Bali. Dalam lomba tersebut, siswa kelas VI ini membawakan cerita tentang Dalang Anteban atau cerita tentang pedalangan/pewayangan. Cerita ini juga akan dibawakan di tingkat nasional bersama cerita Lipi Poleng (ular belang) Tanah Lot. “Cerita daerah yang menasional tersebut berhasil membawa satu siswa asal Klungkung mewakili Bali ke tingkat nasional,” ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, Nengah Sudiartha saat bertemu Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di ruang kerjanya, Rabu (29/8). Menurut Sudiartha, di tingkat Provinsi, Klungkung mengirim masing-masing tiga orang peserta SD dan SMP.

Klungkung berhasil memboyong juara di kedua jenjang tersebut. Untuk SD, Klungkung meraih juara 1, 2 dan 4. Sementara untuk tingkat SMP, Klungkung juga meraih juara 1 dan juara 3. “Untuk yang ke pusat itu hanya wakil dari tingkat SD saja,” sebutnya.

Ni Made Niti Artasari mengaku gembira bisa mewakili Bali ke tingkat nasional. Menurut siswa yang bertempat tinggal di Desa Satra, Kecamatan Klungkung ini, gemar membaca mendasari dirinya suka tentang cerita-cerita rakyat/tradisional.

Meski di tengah era digital, menurut siswa yang juga pernah melenggang ke tingkat nasional dalam lomba Penggalang Ceria ini mengaku mendapat cerita-cerita tersebut dari buku-buku di Perpustakaan Kabupaten Klungkung serta mobil keliling perpustakaan. “Untuk tingkat nasional, persiapan telah dilakukan dengan meningkatkan latihan di samping juga pembinaan dan pembekalan di sekolah,” ujarnya didampingi guru Pembina, AA Istri Sayang Setiadewi.

Prestasi siswa ini diapresiasi Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Bupati  memberi semangat sekaligus motivasi kepada wakil dari Kabupaten Klungkung untuk Bali ini. Bupati berharap prestasi ini nantinya bisa menjadi pemacu dan penyemangat siswa lainnya untuk meraih prestasi di berbagai bidang. “Semangat berlomba, semoga ini menjadi motivasi bagi siswa yang lain,” ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar