nusabali

Klungkung Kirim 41 Peserta ke Peda Petani-Nelayan 2018

  • www.nusabali.com-klungkung-kirim-41-peserta-ke-peda-petani-nelayan-2018

Sebanyak 41 peserta asal Klungkung mengikuti Pekan Daerah (Peda) Petani-Nelayan Provinsi Bali XXVI tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Kota Denpasar.

SEMARAPURA, NusaBali
Kontingen ini dilepas langsung oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di Ruang Rapat Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Rabu (29/8). Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Gede Juanida mengatakan kegiatan ini digelar berkesinambungan setiap 2 tahun sekali. Peda Petani-Nelayan kali ini berlangsung dari 7-12 September 2018 di Denpasar.

Tujuan utama dari Peda XXVI  ini, yakni untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

“Melalui Peda ini kita mantapkan Kelembagaan Tani Nelayan sebagai Mitra Kerja Pemerintah dalam rangka kemandirian pangan, ketahanan pangan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani nelayan berlandaskan pada Tri Hita Karana,” ujarnya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengapresiasi baik kegiatan ini, Peda ini merupakan suatu forum pertemuan dan sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi serta pengalaman antara nelayan, petani, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah sehingga dapat membangkitkan semangat serta kemandirian petani, nelayan sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

“Ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dengan rasa semangat yang tinggi,” ujarnya. Selain itu, Bupati Suwirta juga menambahkan agar semua para peserta bisa memanfaatkan kegiatan ini  dengan baik. “Jangan hanya sekedar mengikuti kegiatan ini, tetapi manfaatkan hasil dari kegiatan ini dengan baik,” harapnya. *wan

Komentar