nusabali

Antisipasi Kasus Penyelundupan, Polsek Melaya Intensif Patroli Pesisir

  • www.nusabali.com-antisipasi-kasus-penyelundupan-polsek-melaya-intensif-patroli-pesisir

Guna mengantisipasi masuknya pelaku kejahatan maupun barang terlarang, jajaran Polsek Melaya, Kecamatan Melaya, Jembrana, tidak hanya mengintensifkan operasi lalu lintas.

NEGARA, NusaBali

Jajaran Polsek Melaya yang menjadi penjaga lapis kedua setelah Polsek Gilimanuk di ujung barat Pulau Bali ini, juga mengintensifkan patroli di jalur tikus, khususnya di kawasan pesisir wilayah setempat.

Kegiatan patroli pesisir ini rutin dilaksanakan sewaktu-waktu melibatkan personel gabungan yang mendapat tugas piket. Seperti yang dilaksanakan di pesisir Desa Candikusuma, Selasa (28/8) sekitar pukul 22.00 Wita. Dalam patroli pesisir yang dipimpin Perwira Pengawas Iptu I Nyoman Trimayasa dan Perwira Pengendali Aiptu Ketut Tamba Wiyasa, bersama lima personel lainnya dipantau situasi pesisir setempat, yang kemarin malam dalam keadaan sepi.

“Patroli pesisir ini dilaksanakan secara berkesinambungan. Selain malam, patroli pesisir juga biasa dilakukan dini hari, termasuk siang,” kata Kapolsek Melaya Kompol Ketut Wijaya Kesuma, Rabu (29/8).

Menurutnya, meski dari atas dataran pesisir tampak sepi, namun patroli pesisir pada malam maupun dini hari, itu petugas diwajibkan langsung turun ke tepi pantai untuk memastikan situasi benar-benar aman. Semisal mengecek di sekitar deretan perahu-perahu nelayan, termasuk titik-titik tepi pantai yang biasa dijadikan tempat bongkar muat perahu. “Dari patroli sementara, belum ada ditemukan tanda-tanda pelaku kejahatan atau barang terlarang. Tetapi meski begitu, kami tetap waspada,” ujarnya.

Selain melalui patroli, kata Kompol Wijaya Kusuma, dalam upaya mengantisipasi masuknya pelaku kejahatan maupun barang terlarang melalui kawasan pesisir, pihaknya juga berkoordinasi dengan nelayan maupun warga pesisir setempat. Apabila ditemukan hal-hal mencurigakan, warga diingatkan untuk segera melapor ke aparat berwajib, sehingga dapat segera ditindaklanjuti.

“Kami minta sinergi warga pesisir, karena mereka sendiri yang tahu situasi.  Jadi warga sekitar juga harus ikut menjaga keamanan wilayah masing-masing,” tuturnya. *ode

Komentar