nusabali

Siswa Paket C Belum Terima Ijazah

  • www.nusabali.com-siswa-paket-c-belum-terima-ijazah

Sebanyak 128 siswa kejar paket C setara SMA yang telah menuntaskan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) tahun ajaran 2017/2018 belum terima ijazah.

AMLAPURA, NusaBali
Padahal ijazah itu sangat dipentingkan untuk melengkapi administrasi melanjutkan kuliah. Ijazah tersebut mesti ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Gusti Ngurah Kartika.

Kadisdikpora, Gusti Ngurah Kartika, mengaku sudah disodorkan sebagian ijazah kejar paket C di meja kerjanya. “Kami cek dulu, blangko ijazahnya lebih detail,” jelas Gusti Kartika, Kamis (30/8). Dikatakan, yang terdaftar ikut UNBKP sebanyak 149 siswa berasal dari enam PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Setelah ujian terlaksana, sebanyak 21 siswa tidak lulus, selebihnya yang lulus 128 siswa. Siswa tidak lulus diwajibkan ikut ujian ulang tahun depan. Sebab tidak ada istilah ujian susulan.

Dikatakan, blangko ijazah juga molor tahun lalu. Ironisnya molor hingga setahun. Sementara Kepala Bidang Pendidikan PAUD dan Non Formal (Pendidikan Anak Usia Dini) Disdikpora Karangasem I Ketut Sudana membantah blangko ijazah belum datang. “Blangko telah datang, telah kami distribusikan ke sekolah-sekolah. Masih menunggu sidik jari siswa sehingga belum bisa ditandatangani Kadisdikpora,” ungkapnya. Dijelaskan, Kadisdikpora tandatangani ijazah karena tidak ada kepala sekolah, yang ada hanyalah pengelola.

Pengelola PKBM Ganesa Desa/Kecamatan Bebandem, Ida Made Amitaba, mengatakan sebanyak 40 siswa yang ikut ujian belum terima ijazah. “Kami telah terima blangko ijazah, hanya saja belum bisa melakukan pengisian. Sebab SK HUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) belum turun,” jelas Ida Made Amitaba. *k16

Komentar