nusabali

Suamba Negara Optimis Disokong Kader Golkar

  • www.nusabali.com-suamba-negara-optimis-disokong-kader-golkar

Calon DPD RI Mundur dari Pengurus Parpol

DENPASAR, NusaBali
Adanya ketentuan calon anggota DPD RI di Pileg 2019 bukan dari pengurus partai politik tidak membuat salah satu, Dewa Made Suamba Negara keder. Suamba Negara yang sudah direkomendasi Partai Golkar maju ke DPD RI Dapil Bali di Pileg 2019, Sabtu (1/9) mengatakan dukungan kader Golkar terhadap dirinya tidak surut. Suamba Negara yang notabene Ketua Pemenangan Pemilu DPD I Golkar Bali Wilayah Tabanan mengatakan dukungan kader partai terhadap dirinya sah-sah saja, karena hanya mundur sebagai pengurus parpol.

Suamba Negara sendiri sudah masuk dalam DCS DPD RI yang diumumkan KPU RI, Sabtu kemarin. “Kalau dari sisi status pengurus partai politik saya sudah mundur diri. Kan cuman mundur dari kepengurusan saja. Sebagai kader partai tetap boleh. Kalau rekomendasi Partai Golkar terhadap saya masih berlaku,” ujar Suamba Negara.

Politisi asal Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan ini pun menyebutkan dalam sosialisasi selaku Calon DPD RI di seluruh Bali tidak ada kendala, terutama dari dukungan kader Golkar. “Dalam dunia politik khususnya di Bali saya sudah pasti melekat sebagai kader Golkar,” kata Suamba Negara.

Mantan anggota Komisi III DPRD Bali 2004-2009 ini menjelaskan dirinya selama ini justru lebih banyak disokong para kader Partai Golkar Provinsi Bali, ketika turun di masyarakat. Mereka memfasilitasi simakrama walaupun tidak semua kader Golkar bisa diajak turun.

Belakangan Suamba Negara sering tandem turun ke masyarakat bersama sejumlah Caleg Partai Golkar, termasuk dengan Caleg DPR RI Dapil Bali, I Ketut Sudikerta, belum lama ini. Sementara Wakil Ketua DPD I Golkar Bali Bidang Organisasi dan Daerah, I Gusti Putu Wijaya, secara terpisah mengatakan Dewa Suamba Negara yang sudah masuk dalam DCS DPD RI Dapil Bali, masih menjadi satu-satunya kader Partai Golkar yang direkomendasi maju DPD RI.

“Artinya kader Golkar harus komitmen memberikan dukungan kepada Pak Dewa Suamba Negara,” ujar Wijaya. Politisi asal Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Tabanan ini menegaskan instruksi DPD I Golkar Bali melalui Ketua DPD I Golkar Bali, I Ketut Sudikerta dalam orientasi fungsionaris beberapa waktu lalu di Denpasar dihadiri DPP Golkar, seluruh kader Partai Golkar di Bali diminta komitmennya memberikan dukungan kepada Dewa Suamba Negara. Menurut Wijaya, walaupun ada kader Golkar Bali memiliki hak menentukan pilihan, namun sebagai organisasi yang solid harus mengarahkan dukungan kepada kader sendiri. *nat

Komentar