nusabali

10 Penelitian Didaftarkan HKI

  • www.nusabali.com-10-penelitian-didaftarkan-hki

“HKI ini memang khusus untuk siswa yang menjadi anggota Madyapadma Journalistic Park SMAN 3 Denpasar, yang sudah membuat penelitian dan ikut lomba” (Ketua Panitia Presslist 9 dan YSA 6, Cokorda Istri Mega Wulandari)

SMAN 3 Denpaasr Gelar Presslist 9 dan YSA 6

DENPASAR, NusaBali
Apresiasi Sineas dan Jurnalis (Presslist) SMAN 3 Denpasar kembali digelar untuk ke-9 kalinya di tahun 2018. Puncak acara yang digelar oleh Ekstrakurikuler Madyapadma Journalistic Park SMAN 3 Denpasar juga sekaligus bersamaan dengan Youth Sineas Award (YSA) ke-6 di SMAN 3 Denpasar, Minggu (2/9). Ada yang menarik dari acara Presslist 9, yakni tahun ini ada 10 penelitian yang didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Peluncuran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Madyapadma Journalistic Park yang dibarengi dengan pameran ilmiah adalah hal langka yang dilakukan anak remaja masa kini. Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sendiri merupakan sebuah hak yang dimiliki atas suatu penciptaan atau karya yang rata-rata bersifat ilmiah. “Penelitian yang telah terdaftar itu adalah hasil dari lomba penelitian yang diselenggarakan oleh lembaga riset internasional,” jelas Steering Committee (SC) Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual, Ida Ayu Mirah Putri Pradnya Dewi.

Adapun 10 penelitian siswa SMAN 3 Denpasar yang terdaftar dalam HKI yakni ‘Automatic BMI Calculator (Kalkulator IMT Otomatis)’ karya Apta Prana Mas Erlangga dan Fajar Gautama, ‘Biokomposit Peredam Bising dari Limbah Potongan Rambut dan Daun Bambu (Bambusa vulgaris) Kering’ oleh Luh Made Sri Puspawati, AA Istri Prajna Canricha Pradani, Putu Naditha Hayuningtyas, Putu Cita Nanta Indrawan Sloka, dan Made Tiara Candra Acintya, dan ‘Biokomposit dari Kombinasi Limbah Kulit Ubi Kayu (Manihot esculenta) dan Sampah Daun Kering’ oleh I Nyoman Aris Suardana dan I Gusti Agung Ayu Desinta Linggarcani.

Ada juga ‘Potensi Limbah Kotoran Sapi Sebagai Material Superkapasitor’ oleh Ida Ayu Mirah Putri Pradnya Dewi, Ni Komang Vera Meilani, dan Kadek Mita Dwiadnyani. ‘Bioplastik dari Limbah Kulit Salak (Salacca zalacca) dan Bakteri Nata De Coco’ oleh Sintia Arnita Damayanti dan Putu Berliana Putri, serta ‘Papan Biokomposit dari Sampah Canang’ oleh Kadek Putra Puja Wirawan, Komang Tia Trismayadevi, Putu Puan Maharani, Putu Eka Kusuma Wardani, dan Ni Made Widya Apsari Cahyadewi.

Selanjutnya ada ‘Lengis Melah (Kombinasi Virgin Coconut Oil dan Daun Nilam (Pogostemon cablin benth)) Sebagai Antioksidan Untuk Mencegah Penuaan Dini’ oleh Komang Gde Tryadhi Putra Setiawan, Cokorda Istri Mega Wulandari, Ni Luh Putu Nanda Hardy Lestari, dan Ni Komang Yuko Utami, ‘Kombinasi Ekstrak Bunga dan Daun Buttercup Sebagai Sumber Antiobiotik Terhadap Bakteri E.coli dan Streptococcus’ oleh Putu Yasodhara Sthita Brahmani Duarsa dan Putri Yasoda Maharani Duarsa, ‘BANANY (Backup Anywhere Anytime)’ oleh Iga Narendra, I Nyoman Wigraha Yoga, IGN Agni Prema Nugraha, Ida Bagus Dwiweka Naratama, dan Nyoman Satiya Nanjaya Sadha, serta ‘Kombinasi Sampah Daun Pisang dan Serat Ijuk sebagai Biokomposit Peredam Bising’ oleh Ni Kadek Ayu Cindy Yulita, I Nyoman Tri Sendhaya, Putu Ristia Amandari, Luh Gede Prayascita Utami, dan Putu Nadhita Hayuningtyas.

Dengan adanya HKI ini, orang lain tidak bisa sembarangan meniru maupun merampas barang telah terdaftar HKI tersebut. “Lomba-lomba penelitian yang dilakukan oleh anggota Madyapadma Journalistic Park mulai tingkat nasional bahkan sampai tingkat internasional. HKI ini memang khusus untuk siswa yang menjadi anggota Madyapadma Journalistic Park SMAN 3 Denpasar, yang sudah membuat penelitian dan ikut lomba,” ujar Ketua Panitia Presslist 9 dan YSA 6, Cokorda Istri Mega Wulandari, Minggu (2/9).

Siswi XII MIPA 5 SMAN 3 Denpasar ini menambahkan, selain peluncuran HKI, berbagai kegiatan dilakukan dalam acara Presslist 9 dan YSA 6 ini. Diantaranya berupa lomba koran dinding, peluncuran MP-News cetak edisi digital, lomba karikatur, lomba majalah, lomba reportase, Bisma produksi dan pemutaran film-film hasil karya Madyapadma, Byire, peluncuran Hak Cipta Penelitian Madyapadma Journalistic Park, Pameran Ilmiah Madyapadma Journalistic Park, dan Youth Sineas Award (YSA). “Acara ini bertujuan untuk mengapresiasi jurnalis dan film maker, dan anak-anak muda yang sudah mempunyai karya. Kami memberikan wadah,” ungkapnya.

Madyapadma juga kembali meluncurkan buku-buku dengan jumlah total 9 buku, dan yang teranyar adalah peluncuran MP News (Koran Madyapadma) Cetak Digital yang diterbitkan sejak tahun 2010 hingga edisi tahun ini 2018, dengan jumlah keseluruhan yakni 66 edisi. "Hari ini (kemarin, red) kami juga ada dialog dengan Bapak Walikota (IB Rai Dharmawijaya Mantra), kami mengundang teman-teman dari sekolah lain, yakni SMA dan SMP di luar SMAN 3 Denpasar,” ujar Cok Mega. *ind

Komentar