nusabali

Karangasem dan Bangli Siap Sukseskan Kihajar

  • www.nusabali.com-karangasem-dan-bangli-siap-sukseskan-kihajar

Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem dan Bangli siap sukseskan Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) Tahun 2018 tingkat Provinsi Bali.

AMLAPURA, NusaBali

Disdikpora Karangasem kirimkan 18 siswa masing-masing 6 SD, 6 SMP, 3 SMA, dan 3 SMK. Sementara Disdikpora Bangli kirimkan 6 siswa SD dan 6 siswa SMP. Kuis Kihajar digelar di Hotel Geria Agung Mahajaya Jalan Cokroaminoto 63 Ubung, Denpasar Utara, 5-6 September 2018.

Kepala Disdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengungkapkan sesuai petunjuk teknis Disdikpora Provinsi Bali, siswa satu tingkatan bisa diberangkatkan dari beda sekolah. Misalnya tingkat SD siswanya berasal dari beberapa sekolah, mengacu hasil seleksi di kabupaten/kota. Begitu juga dengan peserta SMP dan SMA/SMK. Gusti Kartika menegaskan, kuis Kihajar sebagai wahana sosialisasi pemanfaatan siaran TV edukasi, suara edukasi, streaming video on demand, dan lainnya.

Kuis Kihajar dijadikan alat ukur kemampuan akademis siswa melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan memanfaatkan TV edukasi. “Siswa diberi pertanyaan berdasarkan tayangan video atau siaran televisi. Siswa yang tampil secara beregu,” ungkap Gusti Kartika, Senin (3/9). Sementara Kasi Kurikulum Disdikpora Bangli, Putu Karyawan, menambahkan, pelaksanaan kuis Kihajar secara online, sehingga masing-masing peserta dilengkapi laptop.

Putu Karyawan menyebutkan, tingkat SD diwakilkan oleh dua siswa SDN 1 Kawan, masing-masing satu siswa dari SDN 3 Kawan, SDN 1 Batur, dan SDN 1 Sulahan.  Sementara untuk SMP diwakilidua siswi  SMPN 1 Susut, dan masing-masing satu siswa dari SMPN 1 Bangli, SMPN 3 Bangli, dan SMPN 2 Susut. “Seluruhnya ada 6 orang perwakilan SD dan 6 orang perwakilan SMP. Siswa-siswa tersebut ditunjuk sesuai dengan kesiapan sekolah,” terangnya. Ditegaskan, SD ditunjuk UPT sedangkan SMP ditunjuk Disdikpora.

Terpisah, Kepala SDN 1 Kawan, Nurhayati, mengatakan mengirimkan dua perwakilan yakni AA Istri Clarissa Anjani Savitri dan Ni Luh Putu Chelsea Febriyani. Nurhayati telah melakukan persiapan dengan pembinaan pada kedua siswa tersebut. “Kami lakukan pembinaan pada jam ekstra maupun jam olahraga sehingga jam pelajaran tidak tercecer,” jelasnya. Laptop disiapkan sekolah dan ada pula siswa yang membawa sendiri. *k16, es

Komentar