nusabali

Messi Rancang Pensiun

  • www.nusabali.com-messi-rancang-pensiun

Nomor 10 Barca Diusulkan Dikeramatkan

BARCELONA, NusaBali
Bintang Barcelona Lionel Messi mengaku tak akan bermain sampai usia 40 tahun. Setelah pensiun nanti, apa rencana Messi? Messi kini sudah berusia 31 tahun. Pemain asal Argentina itu masih terikat kontrak dengan Barca sampai 2021. Saat kontraknya bersama Barca berakhir, Messi akan berusia 34 tahun. Setelah kontraknya habis, Messi akan bicara dengan klub soal langkah berikutnya.

Messi juga mengaku tak akan bermain sampai usia 40 tahun. Namun ia masih belum punya rencana setelah gantung sepatu nanti. "Saya tak bisa melihat diri saya bermain di usia 40 tahun. Saya belum memikirkan apa yang akan saya lakukan ketika saya berhenti bermain, saya tidak tahu," ujar Messi kepada Catalunya Radio. "Saya berpikir di mana saya saat ini, tahun-tahun di mana saya bisa terus bermain dan tidak lebih."

"Ketika momennya tiba, saya akan menemukan sesuatu yang ingin saya lakukan, saat ini saya cuma berpikir soal apa yang akan terjadi sampai kontrak saya berakhir. Kemudian saya akan bicara dengan klub dan memutuskan apa yang akan dilakukan," katanya.

Sementara itu legenda Barcelona, Ronaldinho, pun berharap tak ada lagi yang memakai nomor 10 di sana setelah Messi pensiun nanti.  "Dia adalah yang terbaik sepanjang sejarah Barcelona dan telah melakukan sesuatu yang tak pernah orang lain lakukan," ujarn Ronaldinho dilansir The Sun. "Saya berharap hal itu bisa bertahan setidaknya 20 tahun ke depan."

"Bagi semua yang mencintai sepakbola, kami senang melihat dia bertahan pada level seperti sekarang untuk beberapa tahun lagi. Ketika Messi pensiun nanti, yang semoga saja masih lama, Barcelona harus memensiunkan nomor 10 sehingga tak ada lagi yang menyentuhnya," tutur Ronaldinho.

Ronaldinho pernah memperkuat Barcelona selama lima musim dan menjadi mentor bagi pesepakbola Argentina itu. Setelah hengkang ke Milan pada 2008, nomor 10 yang dipakai Ronaldinho diwariskan kepada Messi. Setelah kepergian Ronaldinho, nama Messi melesat sampai akhirnya menjadi seorang megabintang seperti sekarang. Sudah lebih dari 500 gol disumbangkan Messi untuk Barca dan mengantar klubnya memenangi sembilan titel La Liga, enam Copa del Rey, dan empat gelar Liga Champions. Semuanya termasuk dua kali mengantar Los Cules memenangi treble pada 2009 dan 2015.

Saat ini usia Messi telah mencapai 31 tahun. Messi akan berusia 34 tahun saat kontraknya di Barca berakhir pada 2021, yang bukan tidak mungkin bisa saja menjadi musim terakhirnya.

Meski begitu, Ronaldinho ragu apabila Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa. Pasalnya, selalu ada pemain-pemain spesial yang muncul di setiap era. "Sangat sulit karena banyak pemain hebat pada waktu tertentu. Ada Pele pada masanya, Maradona. Zinedine Zidane menikmati momennya begitu juga Ronaldo Nazario. Tapi satu yang pasti Messi adalah salah satu dari yang terbaik itu sepanjang sejarah," kata legenda sepakbola Brasil ini.*

Komentar