nusabali

KESEHATAN : Minuman Penghalang Berat Badan Turun

  • www.nusabali.com-kesehatan-minuman-penghalang-berat-badan-turun

Saat sedang menjalani diet atau menjalani usaha penurunan berat badan, pola makan menjadi kunci.

Harus pintar memilih makanan dan minuman yang memiliki banyak kandungan gizi serta tidak mengandung tinggi kalori. Jumlah kalori yang dikonsumsi juga menjadi hal penting. Minum minuman dengan kandungan gula tinggi bisa menambah banyak ekstra kalori dan bisa menggagalkan usaha diet.

Jadi, usahakan menghindari tujuh jenis minuman ini ketika diet.
*Soda. Selain mengandung banyak gula yang tidak perlu dan berkalori tinggi minuman bersoda juga tidak mengenyangkan. Ahli diet asal New York, Natalie Rizzo MS RD menjelaskan, ketika mengkonsumsi soda ditambah dengan makanan, maka kalori yang dikonsumsi menjadi ganda. Ini tergantung pula dengan ukuran soda yang dikonsumsi. Segelas soda tentunya tidak berbanding dengan usaha penurunan berat badan bukan?

*Diet soda. Sebuah riset terbaru mengindikasikan pemanis buatan dapat meningkatkan rasa lapar. “Karena itu, minum diet soda bisa menyebabkan kelebihan kalori dan merusak usaha penurunan berat badan,” kata Natalie.

*Cocktail. Cocktail mungkin terdengar sangat segar jika diminum ketika cuaca panas. Tapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan dari minuman ini, yaitu kandungan gulanya. Mungkin meminumnya tak sesering orang mengkonsumsi soda, namun cocktail sebaiknya dihindari agar usaha penurunan berat badan tak terganggu.

* Minuman tinggi gula. Minuman yang dicampur dengan banyak gula, seperti vanilla latte, caramel macchiato, dan minuman manis lainnya otomatis mengandung tinggi kalori. Jika sedang berusaha diet, hindari minuman-minuman tersebut atau gantilah gula dengan susu skim.

*Es teh manis. Teh manis juga bisa mengandung sekitar 100 kalori dan 20 gram gula. Jika ingin mengkonsumsi es teh, pilihlah teh tawar tanpa pemanis atau tambahkan pemanis lewat perasan lemon. Es teh manis kemasan sama seperti jus buah, es teh manis kemasan memiliki kadar gula yang tinggi. WebMB melaporkan satu es teh manis kemasan mengandung 116 kalori.

*Minuman olahraga. “Terkadang, orang mengkonsumsi minuman olahraga ketika sebetulnya tak dibutuhkan,” kata ahli diet Jillian Kubala MS RD. Bagi para atlit, mengganti kembali cairan elektrolit, menghidrasi kembali tubuh dan mengkonsumsi sumber karbohidrat sangatlah diperlukan. Meski begitu, orang yang suka pergi ke gym dan hanya berolahraga satu jam, air putih sudah sangat cukup untuk menghidrasi. Minuman olahraga tidak disarankan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Minuman ini seringkali mengandung gula tinggi yang tidak baik untuk kesehatan dan bisa menambah berat badan.

*Smoothies. Smoothies yang dijual di toko pangan dan mini market biasanya mengandung banyak gula. Mengkonsumsi satu atau dua porsi smoothies per hari bisa mengganggu usaha penurunan berat badan. Jillian menyarankan untuk membuat smoothie sendiri di rumah dan hanya menggunakan secangkir buah. Kemudian, tambahkan sayuran hijau dan sumber protein. Sebagai perasa sekaligus pengganti pemanis, campurkan dengan susu almond.

Daripada menikmati minuman manis, sebaiknya nikmati saja infused water dengan isian lemon atau minum teh hijau untuk menjaga berat badan. Minuman terbaik untuk dikonsumsi sehari-hari adalah air putih. Air sangat penting untuk tubuh, karena menjaga tubuh menyingkirkan racun dari tubuh. Sangat penting untuk setiap harinya untuk menikmati 6-8 gelas air per hari untuk membantu menyingkirkan racun dari tubuh. Air membantu mengatur metabolisme, sehingga berat badan bisa lebih terkontrol.

*Kopi susu. Kopi susu yang disajikan di kedai kopi ternyata memiliki kadar gula yang lebih banyak daripada minuman soda. Minuman kopi susu seperti mocha latte, mengandung 15 sendok teh gula. Sebaiknya, minumlah kopi hitam tanpa gula.

*Susu skim. Ternyata orang-orang yang meminum susu skim, lebih berisiko menambah berat badannya. Ini disebabkan oleh paradoks mereka perlu mengganti kalori dari susu skim yang dirasa kurang, sehingga akhirnya konsumsi karbohidrat mereka justru meningkat. Sebaiknya minum susu biasa yang mengandung lebih banyak protein dan kalsium. *Alkohol. Alkohol, terutama bir dan anggur, mengandung kalori tinggi. Segelas bir bahkan mengandung 150 kalori. *

loading...

Komentar