nusabali

Disperindag Uji Tera Ulang Timbangan Pedagang Pasar

  • www.nusabali.com-disperindag-uji-tera-ulang-timbangan-pedagang-pasar

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gianyar menguji tera ulang timbangan para pedagang Pasar Gianyar.

GIANYAR, NusaBali
Pengujian diadakan di Balai Banjar Abianbase Kaja Kauh, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Gianyar, Gianyar, Rabu (5/9).  Kepala Disperindag Gianyar Ir Wayan Suamba menjelaskan Gianyar sudah ditetapkan mandiri uji tera ulang sejak Juli 2017. Tahun 2018 diagendakan 45 kali kegiatan dengan menyasar seluruh kawasan di Gianyar . "Kali ini merupakan uji tera ulang yang ke 29," katanya.

Uji tera ulang di Balai Banjar Abianbase Kaja Kauh ini diselengagrakan selama lima hari, Senin (3/9) - Jumat (5/9). Selama tiga hari, pengujian untuk 73 timbangan pedagang yang digunakan dasar bertransaksi. Seperti timbangan meja, timbangan sentisimal, timbangan logam, hingga timbangan elektronik dan timbangan neraca emas. "Uji tera ulang ini untuk memastikan kebenaran pengukuran, serta dalam rangka perlindungan konsumen, termasuk untuk pedagang itu sendiri agar tidak merugi," ucapnya.

Untuk pedagang yang belum datang untuk uji tera ulang, pihaknya sudah menyiapkan petugas untuk menyidak ke beberapa pedagang. Kegiatan serupa akan digelar di kawasan lain. "Sebelumnya kami selengarakan uji tera di Pasar Payangan. Nanti, semua pedagang di tujuh kecamatan bisa mengikuti uji tera ulang," katanya.

Pihaknya juga berencana memperluas pelayanan dengan menyasar meteran air. Guna mewujudkan rencana itu, pihaknya mengusulkan penambahan tenaga penera dari Diklat Metrologi Bandung. "Meteran air wajib tera sesuai dengan Permendag No 67/2018, kami akan berkoordinasi dengan PDAM," ujarnya.*nvi

Komentar