nusabali

Terlalu Banyak Jump Scare, Benarkah Film The Nun Tak Sesukses The Conjuring?

  • www.nusabali.com-terlalu-banyak-jump-scare-benarkah-film-the-nun-tak-sesukses-the-conjuring

Menguak fakta serta komentar netizen tentang film The Nun.

JAKARTA, NusaBali
Masih ingat dengan Valak? Ya, sosok hantu biarawati yang pernah sesekali muncul di film The Conjuring 2 (2016) dan Annabelle: Creation (2017) ini, kini telah memiliki tempatnya sendiri, yaitu dalam film The Nun yang pertama kali tayang di bioskop Indonesia sejak (05/09/2018) lalu. Sosok Valak akan dikupas lebih mendetail dalam film yang diproduseri oleh James Wan serta yang disutradarai oleh Corin Hardy ini.

The Nun merupakan film kelima dari The Conjuring Universe yang di dalamnya terdapat 4 film lainnya seperti, The Conjuring (2013), Annabelle (2014), The Conjuring 2 (2016), dan Annabelle: Creation (2017). Kabarnya, The Nun merupakan prekuel (red: awal dari cerita sebelumnya) dari film-film The Conjuring Universe yang menceritakan awal mula terjadinya kutukan roh jahat yang bertubu-tubi dan bersumber pada sosok iblis Valak.

Beberapa fakta singkat terkait film The Nun yang berhasil dihimpun NusaBali dari berbagai sumber menyebutkan bahwa, 1) The Nun merupakan janji sang Produser James Wan yang telah dilunasi pasca film The Conjuring 2, 2) Setting waktu film The Nun adalah tahun 1952 yang mana lebih awal 25 tahun dari The Conjuring 2, 3) Mengambil tempat di salah satu benteng tua bekas bangunan militer di Rumania, dan 4) Valak merupakan makhluk mitologi yang nyata namun dalam bentuk yang berbeda dan kisah lengkapnya terdapat dalam buku Lesser Key of Solomon.

Terlepas dari segala fakta yang terkuak tentang Valak, film The Nun yang ditayangkan oleh rumah produksi Warner Bros pun telah banyak menuai komentar dari netizen sejak pertama kali penayangannya. Dilansir dari situs IMDb.com, yaitu sebuah situs di internet yang khusus membahas perihal film berbagai genre, menampilkan berbagai komentar netizen baik positif mau pun negatif tentang film The Nun. Beberapa di antaranya, yaitu.

Sebuah akun dengan nama ‘ericfrds’ memberi bintang 6 dari 10 pada film dan menuliskan komentar bahwa film The Nun tidak sebagus film The Conjuring. Ia berkomentar bahwa, meski pun film terlihat menjanjikan sejak awal, namun ternyata beberapa hal terkesan 'dipaksakan' dalam film juga terlalu banyak jump scare (red: sentakan ketakutan). Akun tersebut pun mengatakan bahwa mungkin film ini lebih baik dari Annabelle, namun tidak lebih baik dari The Conjuring.


Foto: Komentar Negatif Netizen tentang Film The Nun - Dok. IMDb

Akun lain bernama ‘andrewjhutcheson’ pun menyampaikan komentar tak sedapnya lewat bintang 1 yang diberikan. Menurutnya, ia tidak pernah mengharapkan sebuah film yang diakhiri secara buruk. Ia pun membandingkan The Nun dengan film Hereditary yang menurutnya lebih terasa seramnya. Melihat film The Nun, dirinya beranggapan bahwa adegan-adegan dalam film tersebut terasa sangat tertebak dengan berbagai jump scare yang sering kali muncul sepanjang film dan itu mengganggunya. Intinya, akun tersebut sangat kecewa dengan film The Nun.


Foto: Komentar Negatif Netizen tentang Film The Nun - Dok. IMDb

Komentar-komentar pedas tersebut pun ditampik oleh sebuah akun yang menyebut dirinya ‘mantas-38417’ berkomentar bahwa, jalan cerita dari film tersebut bagus ditambah dengan aktor-aktor yang memukau. Meskipun The Nun agak seram dengan jump scare-nya yang agak mengganggu, namun ia berpendapat bahwa The Nun adalah film horror terbaik tahun 2018.
Foto: Komentar Positif Netizen tentang Film The Nun - Dok. IMDb

Sementara, komentar positif lain juga datang dari sebuah akun yang bernama ‘daany-47267’ yang menghimbau netizen lain agar tidak percaya pada komentar negatif seputar film The Nun, dan dirinya mengonfirmasi bahwa film tersebut memang menyeramkan dan telah dibuat dengan sangat baik dengan memberi bintang 10 dari 10.
Foto: Komentar Positif Netizen tentang Film The Nun - Dok. IMDb

Nah, dari komentar-komentar tersebut, yang mana kah yang benar? Jawabannya hanya dengan membuktikannya sendiri dengan datang langsung menonton film The Nun yang sedang tayang di bioskop-bioskop kesayangan anda. Jangan lupa siapkan nyali untuk bertemu dengan Valak. *ph

Komentar