nusabali

Warga Diminta Gunakan Jalur Alternatif

  • www.nusabali.com-warga-diminta-gunakan-jalur-alternatif

Sejumlah arus lalu lintas (lalin) selama pelaksanaan Maybank Bali Marathon (MBM) 2018 pada Minggu (9/9) akan dialihkan atau ditutup.

Gelaran Maybank, Arus Lalin Dialihkan


GIANYAR, NusaBali
Seperti jalan Bypass IB Mantra jalur utara, mulai simpang Saba, Gianyar hingga Jembatan Tukad Unda, Klungkung, akan ditutup Sabtu (8/9) malam ini. Penutupan arus berlangsung hingga Minggu siang. Sebagai gantinya, jalur selatan akan dijadikan dua arah.

Selain itu, ada juga jalur perkotaan dan pedesaan yang akan dilintasi ribuan pelari. Jalur utara kota dari arah Gianyar ke Klungkung menjadi satu arah. Sementara rute pedesaan akan melewati wilayah Desa Jumpai, Desa Gelgel, Desa Kampung Gelgel Tojan, Desa Satra, Desa Takmung, Desa Negari, Desa Banjarangkan, Desa Tusan. Lanjut ke wilayah Gianyar yakni Desa Tulikup, Kelurahan Samplangan, Kota Gianyar, Desa Buruan, Desa Blahbatuh, Desa Belega, Desa Bona, Kelurahan Bitera, Kelurahan Abianbase, Desa Serongga, Desa Lebih, Ddesa Medahan, akan ditutup atau dialihkan selama lomba berlangsung. Kendaraan besar semacam bus dan truk diimbau untuk tidak melewati rute lomba.

Terkait pengalihan arus lalin ini, Kasat Lantas Polres Gianyar AKP Udayani Addi menyatakan, pelari akan melintasi tiga rute. Pertama, Jalan IB Mantra-Jalur Utara dari Sabtu (8/9) pukul 22.00 Wita - Minggu (9/9) pukul 14.00 Wita. Kedua, jalur Kota Gianyar - Klungkung hanya satu arah saja. Rute ketiga, di pedesaan, mulai IB Mantra menuju Klungkung melintasi Banjarangkan, Tulikup, Buruan, dan Blahbatuh, kemudian kembali ke IB Mantra. Guna mengantisipasi kemacetan atau gangguan lalu lintas, kepolisian menghentikan sementara operasional bus dan truk di jalur itu. Selanjutnya, bus dan truk untuk menunda pengoperasian selama pukul 00.00 - 15.00. "Masyarakat dan pengendara diminta pengertiannya selama lomba, dan agar mencari jalur alternatif," terangnya, Jumat (7/9).

AKP Udayani menambahkan, ada gabungan personel yang akan mengamankan jalannya lari maraton. "Sekitar 900-an, personel gabungan Polda, Polrea Gianyar dan Polres Klungkung," jelasnya. Untuk Gianyar akan melibatkan personel di luar Satlantas. "Ada dari Polsek dan Satuan Fungsi yang lain dilibatkan pengamanan lalin," jelasnya.*nvi

Komentar