nusabali

Bupati Ajak Warga bertanam Pohon

  • www.nusabali.com-bupati-ajak-warga-bertanam-pohon

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengajak masyarakat bertanam pohon yang bertujuan untuk meningkatkan resapan dan penguatan sumber air.

AMLAPURA, NusaBali
Semakin banyak pohon yang ditanam, semakin banyak resapan air sehingga mampu meningkatkan sumber air. Acara penghijauan dengan menanam 350 pohon dari berbagai jenis ini dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Karangasem di Banjar Batumadeg, Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (7/9). Hadir di acara itu, Kadis Lingkungan Hidup I Nyoman Tari, Camat Abang I Gusti Nyoman Darsana, Perbekel Tista I Ketut Slamet Ariyasa, dan masyarakat setempat. Dalam kegiatan ini ditanam 350 pohon berbagai jenis, seperti  cendana, sawo, kaliasem, intaran, sentul, manggis, juwet, boni, sukun, gatep, kemiri, badung, ancak, bambu, pule, albesia, beringin dan sebagainya.

"Jadi, jangan biarkan lahan tegalan kosong, manfaatkan dengan menanam pohon. Selain jadi rindang, bernilai ekonomi tinggi, dan bisa berfungsi menahan air," kata Bupati Mas Sumatri. Sebab sumber air yang utama ada di hutan. Disebutkan, air hujan yang turun, agar tidak terbuang begitu saja ke sungai, lalu ke laut, sedapat mungkin agar tertahan, melalui pohon-pohon perindang itu.

"Masyarakat juga bisa menjaga sumber mata air, caranya tidak sembarangan membuang sampah dan tidak sembarangan menebang pohon," katanya. Apalagi berdasarkan laporan lanjut Bupati Mas Sumatri, belakangan ini debit air turun.

Perbekel Tista, Slamet Ariyasa merespons instruksi Bupati Karangasem. apalagi di Desa Tista minim mata air. "Pentingnya menunjang sumber air, perlu dipahami masyarakat, ternyata sumber air itu berdasarkan dari resapan pohon, lalu muncul melalui mata air," katanya.  *k16

Komentar