nusabali

Oktober, Dua Puskesmas di Karangasem Diakreditasi

  • www.nusabali.com-oktober-dua-puskesmas-di-karangasem-diakreditasi

Setelah empat Puskesmas tuntas diakreditasi dari 12 Puskesmas di Karangasem pada tahun 2017, kini menyusul dua Puskesmas diakreditasi pada Oktober nanti.

AMLAPURA, NusaBali
Tujuan akreditasi agar kualitas pelayanan UKM (upaya kesehatan masyarakat) yang berorientasi sasaran mengalami peningkatan.

"Harapannya, agar semua Puskesmas nantinya melayani rawat inap dengan syarat mencapai 15 standar pelayanan," jelas Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama di ruang kerjanya, Kantor Dinas Kesehatan Jalan Ahmad Yani Amlapura, Jumat (7/9).

Kedua Puskesmas yang nantinya dapat jadwal akreditasi, yakni Puskesmas Karangasem II dan Puskesmas Bebandem. Sebelumnya empat Puskesmas telah diakreditasi, yakni Puskesmas Karangasem I, Puskesmas Rendang, Puskesmas Kubu I dan Puskesmas Abang II.

Gusti Putra mengatakan, tujuan akreditasi untuk meningkatkan mutu klinis dan keselamatan pasien, kepemimpinan dan manajemen Puskesmas, kepemimpinan dan manajemen UKM, manajemen penunjang pelayanan klinis, sasaran kinerja dan MDGs.

Disebutkan, sebanyak 780 dokumen dicek asesor, semuanya terangkum 15 standar pelayanan terdiri dari 7 pelayanan yang fokus kepada pasien, meliputi akses pelayanan dan kontinuitas pelayanan, hak pasien dan keluarga, assessment pasien, pelayanan pasien, pelayanan anestesi dan bedah, manajemen dan penggunaan obat, pendidikan pasien dan keluarga. Delapan standar yang fokus menyangkut manajemen Puskesmas.

"Pelayanan itu juga dibagi-bagi, ada pelayanan tingkat dasar 11 pelayanan, pelayanan tingkat madya 15 pelayanan dan pelayanan utama sebanyak 15 pelayanan," katanya.

Kepala Puskesmas Karangasem II, I Ketut Suarjaya mengatakan pihaknya tengah melakukan persiapan sesuai yang dibutuhkan. "Soal pelayanan tingkat dasar telah terpenuhi, tetapi untuk meningkat menjadi pelayanan madya itu perlu banyak dukungan," kata Suarjaya. *k16

Komentar