nusabali

Pebulutangkis Bali Masuk Skuat Asian Para Games

  • www.nusabali.com-pebulutangkis-bali-masuk-skuat-asian-para-games

Atlet para bulutangkis putri dari Bali Putu Christiani masuk kontingen Indonesia dalam Asian Para Games 2018.

SOLO, NusaBali

Putu Christiani bertanding di nomor SU5 tunggal putri dan mematok target tampil maksimal. Sebab, Putu baru saja pindah dari para atletik ke para bulutangkis pada Mei 2018. . Putu sendiri berasal dari Banjar Dinas Babakan,  Desa Panji, Singaraja, Buleleng.

"Di cabor para bulutangkis, Putu Christiani tidak ditargetkan mendapatkan medali, karena dia baru main disini. Sementara lawan di atas dia semua, tetapi kami harap dia main bagus dalam APG nanti," ujar pelatih para bulutangkis Yunita Ambar Wulandari, di Hall B Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (6/9).

Hal senada dikatakan Putu Christiani. Dia tidak memasang target tinggi. Ia hanya ingin tampil maksimal agar mempersembahkan hasil terbaik bagi tim Merah Putih. Meski Putu baru terjun di para bulutangkis, Ambar memuji anak didiknya mengalami kemajuan pesat.

Putu Christiani yang biasa berlaga di para atletik di nomor lempar cakram, tolak peluru dan lempar lembing ini tidak banyak lari. Kini di para bulutangkis harus lari dan diirinya mau melakukan itu. "Motivasinya sangat tinggi," ucap Ambar, panggilan akrab Yunita Ambar Wulandari.

Ambar menjelaskan, rahasia membuat Putu seperti itu dengan mengenal lebih dekat kepada bersangkutan dan terus memotivasinya. Selain Putu Christiani, tim para bulutangkis Indonesia diperkuat 21 atlet.

"Total ada 22 atlet para bulutangkis di pelatnas. Kami menargetkan meraih empat medali emas APG," jelas Ambar.

Ambar optimistis, target empat emas tercapai mengingat para bulutangkis memperebutkan 21 emas. Ditambah lagi, mereka menjalani try out ke luar negeri tiga kali.

Di tiga try out, tersebut mereka menjadi juara umum. Pertama di Dubai meraih empat emas dengan menurunkan enam atlet. Di Irlandia mendapatkan delapan emas dengan 16 atlet. Kemudian di Thailand memperoleh enam emas dengan skuat 21 atlet.

"Target empat emas realistis, kami tidak ingin mematok juara umum karena akan berhadapan dengan lawan kuat dari China," jelas Ambar.

Para bulutangkis mempertandingkan enam nomor, yakni wheel chair 1, wheel chair 2, lower 3, lower 4, upper 5 dan SS6. Sedangkan empat emas diprediksi dari nomor lower 3, lower 4 dan upper 5. *k22

Komentar