nusabali

Membantu Mitra Thasa Garmen dan Fashion For Paradise Mendapatkan Hak Cipta Produk-produknya

  • www.nusabali.com-membantu-mitra-thasa-garmen-dan-fashion-for-paradise-mendapatkan-hak-cipta-produk-produknya

Program Iptek Bagi Produk Ekspor (IbBE) Unmas Denpasar

THASA Garment (Perum Pondok Galeria No 15) dan Fashion for Paradise (Jl Raya Pemogan Gg Layon No 22) adalah contoh usaha lokal di Bali yang mampu menembus pasar internasional. Thasha Garment dan Fashion for Paradise merupakan dua perusahaan yang bergerak dalam bidang indirect export di mana keduanya merupakan mitra kegiatan IbPE.

Kegiatan ini dipimpin oleh Dr Anik Yuesti SE MM dengan didampingi para anggota Dra Sri Astuti MPd , Ni Nyoman Ayu Suryandari SE MSi Ak CA dan Lis Julianti SH MHP. Kedua UKM ini sama-sama berproduksi pakaian jadi khusus wanita.

Pakaian wanita adalah simbol kepribadian wanita. Thasa Garment memproduksi pakaian khusus wanita gemuk, sedangkan Fashion for Paradise memproduksi pakaian jadi khusus wanita ideal. Kegiatan IbPE ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kedua mitra tersebut dalam melakukan ekspor melalui peningkatan kualitas dan kuantitas ekspor.

Peningkatan ekspor dapat dilakukan melalui peningkatan sarana prasarana seperti mesin, kualitas sumber daya manusia dalam mendesain produk ekspor, peningkatan manajemen dan sistem administrasi keuangan kegiatan ekspor. Tujuan negara ekspor antara lain, Jepang, Thailand, Malaysia, Australia, Amerika, Inggris, Asia.  

Pada tahun ini, Thasha Garment dan Fashion for Paradise telah berhasil memperoleh hak cipta atas produk yang dimilikinya. Produk-produk yang telah mendapatkan hak cipta adalah model pakaian wanita yang berupa dress, daster, celana, rok, atasan casual wanita, dan hand painting. Hak cipta sangat penting dimiliki UKM untuk melindungi UKM dari plagiat produk antar UKM. Pada tahun ketiga program IbPE ini juga telah dilakukan oleh tim pandamping, yaitu penguatan kelembagaan dan pemasaran produk melalui berbagai media. Semoga pada masa mendatang ekspor konveksi pakaian wanita di Bali semakin meningkat. *

loading...

Komentar