nusabali

Bawaslu Jembrana Temukan Indikasi Ratusan DPT Ganda

  • www.nusabali.com-bawaslu-jembrana-temukan-indikasi-ratusan-dpt-ganda

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jembrana yang melakukan pengecekan terhadap data 228.707 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 di Jembrana, menemukan dugaan 156 pemilih ganda.

NEGARA, NusaBali

Terkait temuan ini, Bawaslu Jembrana telah mengirimkan rekomendasi kepada KPU Jembrana untuk turun melakukan verifikasi faktual.

Ketua Bawaslu Jembrana, Pande Made Ady Muliawan, Jumat (7/9) mengatakan rekomendasi untuk mengecek dugaan pemilih ganda tersebut sudah dikirim, Senin (3/9) lalu. Pihaknya meminta KPU turun melakukan pengecekan bersama-sama jajaran Bawaslu untuk memastikan DPT yang benar-benar berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan. “Data yang kami duga ganda itu ditemukan dengan empat indikator secara akumulatif. Yakni nama, tanggal lahir, NIK (Nomor Induk Kependudukan), dan Kartu Keluarga (KK). Hasilnya, kami temukan sebanyak 156 pemilih yang kami duga ganda,” katanya.

Meski digunakan empat indikator secara akumulatif, pihaknya tidak dapat memastikan, apakah pemilih bersangkutan memang ganda atau tidak. Pasalnya, bisa saja ada data pemilih yang memang sama atau terjadi kesalahan input data pemilih. “Untuk itu, ya harus verifikasi faktual. Sesuai arahan Bawaslu RI, karena banyak ditemukan dugaan ganda se-Indonesia, untuk pengecekan ke lapangan itu diminta sudah rampung sampai tanggal 15 September nanti,” ujarnya.

Sementara Ketua KPU Jembrana, Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, mengakui telah menerima rekomendasi dari pihak Bawaslu Jembrana tersebut. Begitu menerima rekomendasi tersebut, pihaknya mengaku telah langsung melakukan pencermatan, sehingga kembali terjaring data pemilih diduga ganda lainnya, dan menurunkan data bersangkutan ke PPS di masing-masing desa/kelurahan untuk dilakukan verifikasi faktual. “Masih dalam proses pengecekan ke lapangan,” ujarnya. *ode

loading...

Komentar