nusabali

Spanyol Permalukan Inggris

  • www.nusabali.com-spanyol-permalukan-inggris

Laga Debut, Enrique Puji De Gea

LONDON, Nusa Bali

Spanyol mengalahkan tuan rumah Inggris 2-1 pada laga perdana Grup 4 di ajang UEFA Nations League, di Stadion Wembley, London, Minggu (9/9) dinihari WITA. Kemenangan itu menandai debut Luis Enrique yang manis sebagai pelatih La Furia Roja.

Ketiga gol terjadi di babak pertama, dengan diawali Marcus Rashfrod yang membuat Inggris unggul 1-0. Gol berasal dari umpan terobosan Luke Shaw, yang diteruskan Rashford ke gawang Spanyol yang dikawal David De Gea.

Selang tiga menit, Spanyol menyamakan 1-1 lewat Saul Niguez, memanfaatkan umpan Rodgrio Moreno. Spanyol unggul 2-1 di menit 32, lewat Rodrigo Moreno memanfaatkan umpan Thiago Alcantara. Kedudukan 2-1 tak berubah hingga akhir pertandingan.

Kemenangan Spanyol tak lepas dari kontribusi signifikan De Gea, yang bermain gemilang menyelamatkan timnya. De Gea bermain impresif di bawah mistar Spanyol. Kiper Manchester United itu mementahkan lima dari enam tembakan tepat sasaran Inggris yang dilepaskan Rashford (3), Harry Kane (2) dan Harry Maguire (1).

"Wembley tempat yang sulit. Tak mudah meraih kemenangan di sini. Inggris rival top. Kami bermain fantastis, bahkan setelah tertinggal satu gol," kata Rodrigo, dilansir UEFA.com.

Enrique pun tak ketinggalan melontarkan pujian untuk De Gea. "Saya puas, tapi tidak terkejut, dengan permainan David De Gea. Kami memiliki salah satu kiper hebat dunia di tim kami," kata Enrique.

Menurut Enrique, selain para pencetak gol, sosok De Gea menjadi kunci kemenangan Spanyol di markas Inggris. Mantan pelatih Barcelona sangat senang dengan performa De Gea dan memujinya sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

Sejatinya, De Gea sempat diragukan kelayakannya untuk membela Spanyol di laga kontra Inggris. Penampilan buruknya di Piala Dunia 2018 menjadi acuan. Namun, Enrique sejak awal menegaskan jika dirinya tidak pernah ragu dengan performa De Gea.

“De Gea salah satu kiper terbaik di dunia dan dia membuktikan di Premier League setiap pekan. Saya tidak pernah meragukannya. Melakukan kesalahan terkadang membantu untuk tumbuh jadi lebih baik,” kata Enrique di FourFourTwo.

Selain De Gea, Enrique juga memberikan pujian pada Saul Niguez yang mencetak gol untuk membuat skor imbang 1-1. Niguez dipuji Enrique sebagai pemain cerdas dan punya kemampuan bermain lengkap. *

Komentar