nusabali

Utamakan Guru dan Tenaga Kesehatan

  • www.nusabali.com-utamakan-guru-dan-tenaga-kesehatan

Seluruh tes akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Pemkot Denpasar Rekrut 249 Formasi


DENPASAR, NusaBali
Setelah dibukanya surat pengumuman perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Kementerian PAN-RB di Ruang Sekda, Senin (10/9), Pemkot Denpasar berpeluang melakukan perekrutan sebanyak 249 formasi CPNS dari pengajuan 824 formasi. Tenaga yang direkrut lebih banyak tenaga pendidik untuk mengisi guru yang pensiun.

Dari pengumuman yang dibuka langsung Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara tersebut, dari 249 CPNS, tenaga pendidik mendapatkan jatah sebanyak 205 formasi sedangkan sisanya 44 formasi diisi oleh tenaga kesehatan. Hal itu dilakukan karena moratoriun beberapa tahun belakangan ini menyebabkan Denpasar harus mengandalkan pegawai kontrak sebagai tenaga yang membantu mengisi kekurangan guru hingga saat ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Denpasar (BKPSDM) Kota Denpasar, I Ketut Mister mengatakan, pihaknya sebelumnya mengajukan sebanyak 824 formasi usulan sesuai dengan analisa kebutuhan PNS di Kota Denpasar. Dari validasi BKN dan Menpan-RB dikatakan harus sesuai dengan Batas Usia Pensiun (BUP) PNS Tahun 2017. Dengan syarat tersebut, akhirnya pemutakhiran data saat ini disetujui menjadi 249 formasi.

Kata Mister, dengan dibukanya pengumuman CPNS ini, proses pendaftaran seleksi CPNS hanya dilakukan secara terpusat melalui portal nasional Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Seluruh tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional di wilayah masing-masing, sementara Kota Denpasar berada di wilayah Kanreg X BKN.

Hal itu dilakukan mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, dan Permenpan RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS. "Setelah pengumuman ini dari proses seleksi CPNS akan kami lakukan persiapan pada pekan II September 2018 sampai dengan pekan II Oktober 2018 dimana pada pekan itu merupakan tahap pendaftaran," jelasnya.

Untuk tahap seleksi baik Seleksi Kompetensi Dasar/SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang/SKB akan dilakukan pada pekan III Oktober 2018 hingga November 2018. Sementara pengumuman kelulusan akan dilakukan pada pekan IV November 2018 dan pemberkasan pada Desember 2018. “Kalaupun ada informasi yang kurang jelas masyarakat bisa langsung datang ke kantor BKPSDM Jalan Mataram No 2 Lumintang Denpasar atau bisa melihat di website BKPSDM pada https://bkpp.denpasarkota.go.id,” kata Mister. *mi

Komentar