nusabali

2 Mahasiswa Undiksha ke Jepang

  • www.nusabali.com-2-mahasiswa-undiksha-ke-jepang

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kali pertamanya tahun 2018 mengirimkan dua mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, ke negeri Sakura.

Program Pertukaran Mahasiswa

SINGARAJA, NusaBali
Kedua mahasiswa ini adalah mahasiswa terbaik yang lolos seleksi untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa, dengan Universitas Ohkagakuen di Aichi, Jepang. Mereka dilepas langsung Rektor Undiksha Dr I Nyoman Jampel MPd, Senin (10/9).

Keduanya yakni Luh Dwi Agustini dan W Nanda Putri Harni Pratama, mahasiswa jurusan bahasa Jepang semester IX. Dwi dan Nanda akan mengikuti program pertukaran mahasiswa selama enam bulan, September - Februari 2019 mendatang. Selain menjalani perkuliahan di Universitas Ohkagakuen, yang merupakan program kerjasama kedua belah pihak, keduanya juga akan melakukan penelitian bersama dan publikasi. Selain itu, mereka mengikuti  sejumlah kegiatan kampus lainnya seperti seminar, pertemuan ilmiah, pertukaran bahan ajar, dan program internship.

Rektor Nyoman Jampel menerangkan, kesepakatan dan kerjasama dengan universitas Ohkagakuen, akan berjalan berselingan. Setelah dua mahasiswa Undiksha menyelesaikan programnya di bulan Februari 2019 mendtaang, pada bulan Maret giliran universitas Uhkagakuen mengirimkan sejumlah mahasiswanya ke Undiksha untuk belajar. “Ini adalah kesempatan pertama dan kami harapkan dapat berkelanjutan untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran lebih kepada mahasiswa kami,” kata dia.

Kedua mahasiswa selama belajar di Jepang, disebutkan, akan menempuh sejumlah mata kuliah seperti Bahasa Jepang, Asian Studies, Perbandingan Lintas Budaya, Penelitian Kebudayaan dan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler.

Pelepasan dua mahasiswa ini didampingi dosen yang Kepala Lab Bahasa Jepang Undiksha Gede Satya Hermawan SS Msi. Nyoman Jampel menekankan kedua mahasiswanya tetap menjaga nama baik Undiksha, Bali, dan Indonesia. Dwi dan Nanda juga diarahkan dapat memperkenalkan Undiksha sesuai dengan visinya, unggul berlandaskan Tri Hita Karana.

Selama berada di Jepang. Nyoman Jampel, berharap mahasiswanya dapat menyerap pelajaran berharga sebanyak-banyaknya dari orang Jepang. Terutama sikap dan karakter mereka yang patut dicontoh. Sehingga setelah usai mengikuti program kerjasama antar universitas itu, Dwi dan Nanda dapat memberikan motivasi dan menyebarkan kebaikan, keunggulan yang di dapat selama berada di negeri Sakura itu.*k23

Komentar