nusabali

SMPN 1 Bangli Gelar Lomba Tata Upacara Bendera

  • www.nusabali.com-smpn-1-bangli-gelar-lomba-tata-upacara-bendera

SMPN 1 Bangli mengisi jeda semester dengan lomba tata upacara bendera di sekolah.

BANGLI, NusaBali

Lomba ini sekaligus sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2018 tentang pedoman upacara bendera sekolah. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti seluruh kelas. Jurinya dari internal SMPN 1 Bangli.

Kepala SMPN 1 Bangli, I Wayan Widiana Sandhi, mengatakan ada pedoman baru dalam melaksanakan upacara bendera di sekolah. “Kami sosialisasikan dengan cara dilombakan sehingga akan lebih mudah dipahami ketika praktek langsung,” jelasnya, Selasa (11/9). Sesuai Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018, ada beberapa hal yang diperbaharui, seperti lagu Indoenesia Raya yang sebelumnya 1 stanza menjadi 3 stanza. Setelah amanat pembina upacara wajib menyanyikan lagu nasional.

Widiana Sandhi mengakui belum banyak siswanya yang hafal menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza. Namun ia meyakini dengan sering dinyanyikan lagunya bisa segera dihafal. Sementara untuk lagu nasional bisa dipilih bebas. Dalam lomba ada beberapa point penilaian seperti pembaca UUD 1945, Pancasila, lagu Indonesia Raya, dan sikap peserta upacara. Sebelum dilombakan, masing-masing kelas diberikan waktu latihan satu minggu. Pemenang lomba dapat hadiah buku bacaan. *es

Komentar