nusabali

Bupati Suwirta Luncurkan Program Geriatri

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-luncurkan-program-geriatri

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan Pelayanan Geriatri dan Pelayanan Penyakit Jantung RSUD Klungkung di gedung Paviliun Semara Husada, RSUD setempat, Rabu(12/9).

SEMARAPURA, NusaBali

Program pelayanan Geriatri ini diluncurkan untuk membantu masyarakat yang sudah lanjut usia (60 tahun ke atas) dengan lebih dari satu penyakit untuk mendapatkan layanan satu pintu dengan cepat.

Dengan pelayanan ini, masyarakat khususnya para lansia bisa memangkas waktu dalam melakukan pemeriksaan dengan cukup berkunjung ke klinik Geriatri. “Pelayanan kepada masyarakat memang harus terus ditingkatkan terlebih RSUD Klungkung telah menyandang Rumah Sakit Tipe B. Dengan program baru ini, maka pelayanan akan lebih maksimal utamanya untuk para lansia dan penderita penyakit jantung, tanpa harus mengantri apalagi berdesakan,” ujar Bupati Suwirta.

Ditambahkan, program ini merupakan inovasi kelima di RSUD Klungkung. Namun Bupati Suwirta mengakui pelayanan ini memerlukan beberapa alat lebih canggih lagi sehingga dapat mempercepat pelayanan dan penyembuhan. Untuk itu Bupati Nyoman Suwirta meminta kepada pihak RSUD untuk segera menginventarisir kebutuhan peralatan. Sehingga ke depan layanan yang diberikan oleh RSUD bisa secara maksimal. Bupati berharap RSUD Klungkung yang telah bertipe B tidak mentok hanya pelayanan biasa saja. Namun harus terus menciptakan terobosan dalam meningkatkan pelayanan yang didukung alat dan sarana lebih canggih. ‘’Masing-masing dokter spesialis juga harus menciptakan program inovatif di bidangnya masing masing,” imbuhnya.

Direktur Utama RSUD Klungkung dr Nyoman Kesuma mengatakan, jumlah kunjungan pasien lansia ke RSUD Klungkung menempati ranking ke-4 dan kasus penyakit jantung menempati urutan ke-5. Berkenaan dengan hal tersebut, RSUD Klungkung terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya bagi para lanjut usia. Tujuan dari pelayanan Geriatri ini untuk meningkatkan akses, kualitas hidup, kualitas pelayanan dan keselamatan pasien Geriatri RSUD Klungkung.

Ditambahkan, pelayanan Geriatri ini nantinya didukung oleh program inovasi lain yang dimiliki RSUD Klungkung. Yakni, Pelayanan Geriatri Berkualitas dan Sehat (Yantri Kuat). Pelayanan ini baru tingkat sederhana yaitu pelayanan rawat jalan dan kunjungan rumah (home care). Turut hadir dalam acara tersebut unsur Dewan Pengawas, Dewan Pembina RSUD, para kepala Puskesmas se-Kabupaten Klungkung, dan undangan.  *wan

Komentar