nusabali

Bappeda Matangkan Kajian Pembangunan Stadion Bertaraf Internasional di Mengwi

  • www.nusabali.com-bappeda-matangkan-kajian-pembangunan-stadion-bertaraf-internasional-di-mengwi

Kajian pembangunan stadion bertaraf internasional yang rencananya berlokasi di Kecamatan Mengwi, kini sudah masuk dalam tahap kajian oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Badung.

MANGUPURA, NusaBali
Saat ini kajian atas rencana tersebut terus dimatangkan. Sebab, Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya mengatakan pembangunan stadion bertaraf internasioal ini menjadi salah satu prioritas untuk diwujudkan oleh Pemkab Badung.

“Kajian sudah berproses, sekarang untuk melakukan studi kelayakan atau feasibility study (FS),” kata Wira Dharmaja, Kamis (13/9). Anggaran untuk pengerjaan FS sudah dianggarkan di APBD Perubahan 2018. Namun tak dirinci berapa biaya yang dialokasikan untuk merampungkan FS.

Bila FS rampung, tahap selanjutkan akan dilakukan penyusunan detail engineering design (DED) pada 2019. Bersamaan dengan itu juga akan dilakukan persiapan pembebasan lahan.  “Lokasinya kan di GOR Mengwi, sekarang yang luasnya sekitar 5 hektare, nanti akan diperluas menjadi 10 hektare. Jadi ada lahan yang harus dibebaskan,” kata Wira Dharmajaya.

Untuk perluasan lahan juga termasuk akses jalan menuju stadion. Rencana awal pembebasan lahan akan dilakukan di bagian Selatan yang menghubungkan Terminal Mengwi. Lahan baru tersebut akan digunakan untuk akses masuk stadion.

Mengenai pengerjaan konstruksi, mantan Sekwan Badung ini memastikan dilakukan tahun 2020. “Kalau semua sudah beres baru kegiatan konstruksi. Tiyang (saya) berharap tahun 2020 sudah ada kegiatan konstruksi. Mudah-mudahan dalam tahun itu juga pembangunan sudah rampung, sehingga tahun 2021 saat perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali, stadion baru ini sudah langsung bisa digunakan,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menegaskan pembangunan stadion bertaraf internasional ini membutuhkan anggaran sekitar Rp 600 miliar. Sebab GOR Mengwi akan sepenuhnya dibongkar untuk pembangunan stadion yang baru. “Rencananya kami akan membongkar stadion yang lama, dan akan membangun stadion. Jadi nanti ada penambahan luar dari yang sekarang, sekitar 5 hektare.

Adi Arnawa mengatakan stadion ini dirancang memiliki kapasitas sekitar 20 ribu orang. Stadion akan menggunakan single seat, sesuai standar internasional. Dia berharap dengan nantinya dibangun stadion ini, Kabupaten Badung bisa menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Porprov) Bali pada 2021.

“Di samping itu kita juga menyiapkan dalam rangka sport tourism. Dengan adanya stadion bertaraf internasional ini, semoga juga bisa menambah wisatawan yang datang ke Bali nantinya,” harap mantan Kasatpol PP Badung, itu. *asa

loading...

Komentar