nusabali

Bupati Suwirta : Tidak Ada CPNS Titipan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tidak-ada-cpns-titipan

Animo masyarakat untuk melamar CPNS di Klungkung relatif tinggi.

SEMARAPURA, NusaBali
Mereka pun mulai menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi administrasi maupun tes dengan sistem CAT (computer assisted test).  Sementara itu, informasi yang berkembang di Klungkung, Kamis (13/9), sejumlah calon pelamar CPNS mencoba mencari jalur belakang dengan mendekati atau melobi pejabat yang dianggap bisa membantu kelulussan CPNS.

Informasi itu pun dirasakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Karena ada beberapa warga via telepon menghubungi Bupati agar dibantu meloloskan sebagai CPNS. Untuk hal ini, Bupati Suwirta menegaskan kepada yang bersangkutan agar tidak mudah percaya terhadap isu yang beredar.

"Banyak isu beredar di masyarakat menjelang rekrutmen CPNS. Seperti menawarkan kunci jawaban, titip-menitip diri, dan lainnya. Jangan percaya isu tersebut," tegas Bupati Suwirta. Menurut Bupati Suwirta, masyarakat masih ada yang beranggapan jika rekrutmen CPNS ini masih bisa dilakukan dengan cara-cara instan seperti titipan, dan lainnya. Ia minta kepada warga untuk tak menghubungi lagi dirinya terkait tes CPNS ini. Kalau mau menitip diri untuk test CPNS, jelasnya, tidak akan diladeni. "Puik (musuhan) dulu dengan saya. Bila perlu saya akan pasang tulisan di rumah jabatan, tidak menerima pesanan nomor CPNS," ujar Bupati Suwirta sembari tertawa.

Disebutkan, seleksi CPNS ini sangat ketat dan sangat transparan karenan dengan CAT. Sehingga bagi masyarakat yang sempat menghubungi maupuan mendatangi dirinya, mereka diberikan motivasi agar lebih giat belajar. "Yang bisa bantu diri mereka adalah diri mereka sendiri," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, tahun 2018 ini Pemkab Klungkung mendapatkan kuota PNS 176 formasi. Formasi ini yakni tenaga guru 70 orang, tenaga kesehatan 56 orang, dan tenaga teknis 50 orang. Pada penerimaan CPNS ini, pemerintah di daerah hanya mengumumkan tahapan dan memverifikasi berkas. PNS pensiun tahun ini di Klungkung 141 orang. Kuota CPNS ini lebih banyak dari PNS pensiun karena Klungkung membuka RS Pratama di Nusa Penida, serta kekurangan guru di sekolah satu atap.*wan

Komentar