nusabali

Desa Duda Melasti ke Pantai Buitan

  • www.nusabali.com-desa-duda-melasti-ke-pantai-buitan

Desa Pakraman Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, menggelar upacara melasti ke Pantai Banjar Buitan, Desa/Kecamatan Manggis, Wraspati Umanis Ugu, Kamis (13/9).

AMLAPURA, NusaBali

Melasti digelar menjelang Karya Usaba Kapat di Pura Puseh Desa Pakraman Duda. Upacara dipuput Ida Pedanda Gede Genitaen Sanur dari Gria Keniten, Banjar/Desa Duda.

Bendesa Pakraman Duda, I Komang Sujana, mengatakan melasti rutin digelar setiap tahun sebelum puncak Usaba Kapat. Tujuannya menyucikan pralingga dan pratima Ida Bhatara sebelum katuran usaba. “Melasti ke laut bertujuan melebur segala kotoran bathin,” jelasnya. Melasti kemarin juga bersamaan dengan Ida Bhatara dari Pura Puseh Desa Pakraman Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem.

Komang Sujana menambahkan, puncak Usaba Kapat di Pura Puseh Desa Pakraman Duda pada Soma Paing Klawu, Senin (24/9) mendatang bertepatan Purnama Kapat. Melasti kemarin dengan nedunang (menghadirkan) Ida Bhatara Kabeh sajebag Desa Pakraman Duda dari 27 banjar adat. Seluruh pralingga dan pratima Ida Bhatara diusung dan distanakan di lapan Pantai Banjar Buitan menghadap ke laut (selatan). Iring-iringan pangayah yang hadir dikoordinasikan Bendesa Pakraman Duda dan Baga Parahyangan Ida Bagus Mangku Gede Suyasa.

Di akhir ritual disertai upacara mulang pakelem ke tengah laut dengan menenggelamkan satu kemasan banten pakelem dengan hewan kurban bebek. Ritual itu juga untuk mohon tirta kepada Ida Bhatara Baruna. Tirtha itulah nantinya digunakan jatu atau intisari utama di puncak Usaba Kapat. *k16

loading...

Komentar