nusabali

Tarik Wisman Lewat Kartu ‘Wonderful Indonesia’

  • www.nusabali.com-tarik-wisman-lewat-kartu-wonderful-indonesia

Demi memenuhi target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2019 mendatang, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan salah satu provider di tanah air untuk menarik wisman.

JAKARTA, NusaBali
Mereka meluncurkan simPATI Tourist Wonderful Indonesia. Kartu perdana tersebut memiliki desain khusus dengan spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisman. "Kolaborasi Kemenpar dan Telkomsel ini merupakan bagian sinergi Pentahelix (akademisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas, dan media) sebagai kekuatan untuk pencapaian target 20 juta wisman," ujar Menpar di Gedung Telkomsel Smart Office, Kamis (13/9).

Menpar mengatakan, Wonderful Indonesia sudah cukup mendunia dengan menempati peringkat 47 dunia pada country brand index. Sedangkan Telkomsel adalah most valuable brand dengan brand value terbesar kedua di Indonesia sehingga kolaborasi ini akan sangat powerful.

Setelah resmi melakukan MoU pada tahun lalu, kerjasama co-branding ini ditindaklanjuti dengan meluncurkan produk hasil co-creation yaitu meluncurkan starterpack kartu perdana khusus untuk wisman yang diberi nama ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’. Kertu tersebut memiliki 11 desain destinasi wisata di Indonesia. Ada Danau Toba (Sumatera Utara), Pulau Lengkuas (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo (Jawa Timur), Gunung Ijen (Jawa Timur), Tanjung Aan (Lombok), Pulau Padar (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara) dan Morotai (Maluku Utara).

Kartu perdana bisa didapatkan pada mitra pariwisata nasional yang berhubungan dengan wisman. Harga yang ditawarkan Rp 100.000 berisi 10 GB kuota internet, 300 menit layanan suara serta 300 SMS yang dapat digunakan antar operator internasional maupun domestik dengan masa berlaku selama 14 hari.

Menpar berharap, ke depannya kartu itu dijual lebih murah lagi di daerah border guna menarik wisman lebih banyak lagi.

Dengan menggunakan kartu edisi spesial itu, wisatawan dapat melakukan pembelian ulang paket yang tersedia dengan harga terjangkau. Bahkan, kata Menpar, sebelum diluncurkan sudah ada yang memesan ribuan kartu. "Sebelum peluncuran atau semalam sudah ada travel agen yang memesan 20 ribu kartu," ucap Menpar. Dengan kartu itu, kata Menpar, akan memudahkan traveler untuk melakukan koneksi internet di berbagai wilayah di Indonesia sesuai dengan kebutuhan mereka. “Generasi Millenials, lebih dari 70 persen customer adalah digital traveller, karena itu Digital Media effectiveness 4 kali lipat," papar Menpar.

Sementara itu Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan, Kartu perdana ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’ merupakan salah satu wujud dukungan mereka bagi program Wonderful Indonesia dari Kemenpar RI. Paket komunikasi di edisi spesial itu, dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi wisman selama berada di Indonesia. *k22

loading...

Komentar