nusabali

Siswa Berprestasi Terima Beasiswa Transisi

  • www.nusabali.com-siswa-berprestasi-terima-beasiswa-transisi

Ratusan siswa sekokah dasar (SD) di empat kelurahan di Bangli menerima beasiswa transisi.

BANGLI, NusaBali
Beasiswa yang diberikan setiap tahun tersebut diperuntukkan untuk siswa berprestasi. Beasiswa transisi juga diberikan kepada siswa SMP berprestasi.  Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli, I Nengah Danta Haryana, mengatakan program beasiswa transisi sudah berjalan sejak tiga tahun lalu. Khusus SD menyasar sekolah yang ada di kelurahan. Sebab SD di desa dianggarkan oleh pemerintah desa. Sedangkan SMP menyasar seluruh sekolah di Bangli. “Untuk tahun ini saya tidak tahu apakah desa menganggarkan beasiswa transisi,” ungkapnya, Jumat (14/9).

Nengah Danta mengatakan, dana beasiswa transisi langsung masuk rekening sekolah. Selanjutnya pihak sekolah yang membagikannya kepada siswa. Program ini merupakan penjabaran empat pilar pembangunan Kabupaten Bangli, khususnya pilar pendidikan. Harapannya menjadikan Bangli sebagai kota berpendidikan dengan SDM mumpuni. Pemberian beasiswa untuk merangsang para siswa berkompetisi meraih prestasi.

Nengah Danta menjelaskan, beasiswa transisi diberikan kepada siswa yang mendapat juara kelas dari peringkat satu sampai tiga. Besaran beasiswa bervariasi. Tingkat SD, juara I mendapatkan uang sejumlah Rp 375 ribu, juara II Rp 325 ribu, dan juara III Rp 300.000. Sementara untuk SMP, juara I mendapatkan uang Rp 425 ribu, juara II Rp 350 ribu, dan juara III Rp 300 ribu. “Total anggaran untuk beasiswa transisi sebesar Rp 188.450.000 yang terbagi untuk 29 SMP dan 17 SD,” jelas Nengah Danta.

Terpisah, Kepala SD 1 Kawan, Nurhayati, mengatakan dana beasiswa sudah masuk hari Senin lalu dan baru dibagikan Jumat pagi. “Saat pembagian beasiswa kami mengundang orangtua siswa berprestasi. Harapan kami uang yang didapat digunakan untuk mendukung kegiatan sekolah, seperti membeli perlengkapan sekolah,” ujarnya. *es

Komentar