nusabali

Wayan Damai Masuk Tim Lawn Ball APG

  • www.nusabali.com-wayan-damai-masuk-tim-lawn-ball-apg

Tim lawn ball Indonesia untuk Asian Para Games (APG) berkekuatan 18 atlet.

JAKARTA, NusaBali
Mereka terpilih melalui seleksi ketat, dan salah satunya atlet berasal dari Bali, yakni I Wayan Damai, yang bertanding di nomor B6 wheel chair putra.  Menurut pelatih lawn ball, Islahuzzaman Nuryadin tim lawn ball tidak dipatok tinggi. Sebab lawn ball sebagai cabor baru di APG memiliki lawan yang berat, seperti Korea, Malaysia, Hongkong, Jepang dan Singapura. Karena itu, tim lawn ball Indonesia tidak muluk-muluk.

“Namun di lawn ball sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Apalagi jika mereka bermain enjoy akan mempengaruhi permainan. Semoga kami mendapat medali," ujar Islah, panggilan akrab Islahuzzaman Nuryadin, Jumat (14/9).

Menurut Islah, peluang memperoleh medali perunggu dari kelas blind (tuna netra). Saat ini, ke-18 atlet berlatih di lapangan hoki Senayan, Jakarta, sejak Senin (10/9) untuk adaptasi lapangan.

Bagi Islah sangat penting adaptasi lapangan pertandingan. Sebab rumput di lokasi pertandingan berbeda dengan di Solo, tempat mereka selama ini menjalani pemusatan latihan. Sedangkan di Senayan, berlatih dari Senin hingga Sabtu, pada pukul 08.00-11.30 WIB dan pukul 13.30-15.30 WIB.

"Kalau Sabtu pagi kami latihan di lapangan. Sore di ruangan hotel untuk relaksasi dengan di putarkan musik dari kaset," jelas Islah.  Islah menerangkan, ke-18 atlet diperoleh dari dua kali seleksi, yakni pada Oktober-Desember 2017. Mereka mengirimkan surat kepada NPC di tiap provinsi.

Hasilnya ada 50 atlet, yang diperkecil jadi 11 atlet pada Januari 2018. Lalu pada Maret 2018 ada promosi dan degradasi, hingga menyisakan enam atlet. Selanjutnya seleksi kembali pada Maret 2018, yang diikuti ratusan atlet dari berbagai daerah, dan terpilih 12 atlet. Mereka melengkapi enam atlet di Pelatnas. Seleksi melihat teknik permainan dan fisik. Saat ini mereka siap pula memberikan hasil terbaik bagi tim Merah Putih.. *k22

Komentar