nusabali

Tabanan Raih Platinum Terbaik Pariwisata 2018

  • www.nusabali.com-tabanan-raih-platinum-terbaik-pariwisata-2018

Tabanan raih penghargaan bidang pariwisata berupa ‘Platinum Kabupaten Terbaik Kategori Pariwisata 2018’.

TABANAN, NusaBali
Piagam untuk penghargaan ini telah diserahkan Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tjahjo Kumolo kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wir-yastuti dalam acara ‘Indonesia Attractiveness Index 2018’ di Ballroom Dua Mutiara Hotel JW Marriot, Jakarta, Jumat (14/9) lalu.

Kegiatan ‘Indonesia Attractiveness Index 2018’ yang menobatkan Tabanan sebagai peraih ‘Platinum Kabupaten Terbaik Kategori Pariwisata’ ini merupakan event yang untuk keempat kalinya diselenggarakan Tempo Media Group bersama Frontier Consulting Group. Tabanan berhak meraih penghargaan ‘Platinum Kabupaten Terbaik Kategori Pariwisata’ ini, setelah menyisihkan 48 nominator Kabupaten/Kota dan Provinsi lainnya dari seluruh Indonesia.

Tabanan dianugerahi penghargaan ini, karena dianggap sukses membangun pariwisata yang melibatkan masyarakat adat dan Sekaa Teruna eruni (TSS). Selain itu, Tabanan juga membangun desa wisata, aktif mengadakan festival yang melibatkan masyarakat sehingga ekonomi kerakyatan berkembang, serta mengembangkan pariwisata berbasis pertanian.

Proses untuk menobatkan Tabanan sebagai pemenang ‘Platinum Kabupaten Terbaik Kategori Pariwisata 2018’ melewati tahap penyaringan dan pengolahan data cukup panjang, termasuk melalui survei dan verifikasi. Pada tahap terakhir, Bupati Eka Wiryastuti diminta melakukan presentasi di hadapan dewan juri di Jakarta, 17 Juli 2018 lalu. Dari hasil penilaian kumulatif, Tabanan dinyatakan yang terbaik se-Indonesia.

Bupati Eka Wiryastuti menyebutkan, penghargaan ini merupakan hasil kerja dan prestasi bersama. "Ini kerja dan prestasi kita bersama. Ini karena gotong royong kita untuk mewujudkan Tabanan yang lebih baik, khususnya dalam bidang  pariwisata, sehingga Visi Tabanan Serasi bisa terwujud," ujar Eka Wiryastuti seusai terima piagam ‘Platinum Kabupa-ten Terbaik Kategori Pariwisata 2018’ hari itu.

Menurut Eka Wiryastuti, penghargaan ‘Platinum Kabupaten Terbaik Kategori Pariwisata 2018’ merupakan usaha dan kerja bersama masyarakat Tabanan. "Ke depan, semangat kebersamaan dan gotong royong ini harus terus dijaga, karena semuanya adalah untuk kita bersama," tandas Serikandi PDIP asal Banjar Tegeh, Desa Angseri, Kecamatan Penenel, Tabanan ini.

Eka Wiryastuti menegaskan, dengan terpilih sebagai pemenang ‘Platinum Kabupaten Terbaik Kategori Pariwisata’ dalam Indonesia Attractiveness Award 2018 ini  menunjukan adanya potensi besar Kabupaten Tabanan untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan pelaku bisnis beragam sektor untuk turut memajukan perekonomian daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan, I Made Yasa, menyatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada manajemen daerah tujuan wisata (DTW), para stakeholder, pelaku pariwisata, dan masyarakat Tabanan atas kerja sama dan dukungannya dalam memajukan pariwisata yang berbasis pertanian. "Terima kasih manajemen DTW, para stakeholder, pelaku pariwisata, dan masyarakat Tabanan yang telah membuat suasana kondusif, sehingga Tabanan nyaman untuk dikunjungi," tandas Made Yasa didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tabanan, Putu Dian Setiawan. *de

Komentar