nusabali

RI Layangkan Nota Diplomatik ke Singapura

  • www.nusabali.com-ri-layangkan-nota-diplomatik-ke-singapura

Pemerintah Indonesia menyikapi serius soal perdagangan pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia secara online.

Protes 'Penjualan' TKI Online

JAKARTA, NusaBali
Penjualan PRT secara online itu dilakukan situs niaga Carousell di Singapura. Wakil Menteri Luar Negeri RI Abdurrahman Mohammad Fachir mengatakan pemerintah Indonesia menyayangkan terjadinya peristiwa ini. Otoritas Singapura tengah investigasi atas kasus itu.

"Yang jelas kita sudah sampaikan kita sudah komunikasikan kepada Ministry of Power Singapore dan mereka sudah melakukan investigasi," kata Fachir ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/9) seperti dilansir detik.

Fachir menuturkan kedutaan RI di Singapura juga telah menyampaikan nota diplomatik kepada Kementerian Luar Negeri Singapura. RI meminta agar persoalan ini tidak terulang lagi.

"Supaya dimaklumi juga bukan hanya warga kita, tapi kita yang protes pertama sebenarnya," katanya.

Sebelumnya, kantor berita BBC melaporkan, Ministry of Manpower (MOM) Singapura kini tengah menyelidiki kasus 'penjualan' sejumlah pembantu rumah tangga yang diduga dari Indonesia di situs niaga Carousell.

"Kami tengah menyelidiki kasus ini, dan telah mengatur agar penawaran ini dicabut," sebut Kementerian Tenaga Kerja Singapura.

Surat kabar The Straits Times melaporkan bahwa penawaran itu diunggah pengguna bernama @maid.recruitment. Di dalamnya, terdapat beragam wajah sejumlah pembantu rumah tangga yang diduga berasal dari Indonesia. Menanggapi kasus ini, juru bicara Carousell mengatakan bahwa penawaran semacam itu tidak diperbolehkan dalam situs niaga mereka sebagaimana tercantum dalam panduan pengguna.

Situs tersebut menurut juru bicara Carousell membolehkan agen tenaga kerja menawarkan layanan namun tidak diperkenankan mengunggah wajah para calon pekerja selayaknya barang jualan. "Segala tampilan atau berbagi biodata individu dilarang keras karena itu melanggar panduan kami," kata juru bicara Carousell.

Dia menambahkan, pengguna @maid.recruitment tidak lagi melakukan transaksi penjualan dan jika terdeteksi maka penjualan tersebut akan dicoret. "Dalam contoh ini, kami membantu aparat dengan penyelidikan mereka," ujarnya.

Carousell menegaskan bahwa mereka telah membekukan akun pengguna tersebut dan mencabut semua penawaran yang dia ajukan. Pihak Carousell menyatakan siap bekerja sama dengan pihak berwenang dalam upaya penyelidikan kasus tersebut. *

Komentar