nusabali

Dijatah 305 Formasi CPNS, Gianyar Kekurangan Ratusan Guru

  • www.nusabali.com-dijatah-305-formasi-cpns-gianyar-kekurangan-ratusan-guru

Pemkab Gianyar dipastikan mendapat jatah formasi 305 guru dalam CPNS tahun ini.

GIANYAR, NusaBali

Namun jumlah itu dipastikan masih kurang, untuk mengisi kebutuhan tenaga pendidik di kawasan seni ini. Apalagi jumlah guru tidak tetap (GTT) atau guri kontrak saja sebanyak 700 orang.

Berdasarkan data Guru PNS dan non PNS di Kabupaten Gianyar, tercatat secara keseluruhan ada 3298 guru. Jumlah itu terdiri dari 1827 guru PNS tingkat SD dan 771 guru PNS tingkat SMP. Sementara untuk guru non PNS atau GTT, tercatat ada 658 GTT tingkat SD dan 42 GTT tingkat SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Gianyar Made Suradnya, Selasa (18/9) kemarin,  mengatakan formasi 305 guru yang dijatahkan untuk Kabupaten Gianyar memang belum bisa memenuhi kekurangan tenaga pendidik. “Jelas jatah itu belum bisa memenuhi kebutuhan, kami bisa berpatokan pada GTT sabagai tenaga pendidik non PNS yang selama ini kita berdayakan,“ ungkapnya.

Suradnya menerangkan selama ini kekurangan guru di kawasan seni ini untuk tingkat SD dan SMP diisi oleh GTT. Mereka merupakan tenaga non PNS yang diangkat melalui SK Bupati Gianyar pada 2016 lalu. “Sejak pengakatan pada 2016 itu, kita tidak ada lagi mengakat GTT, sementara guru PNS yang pensiun terus bertambah setiap tahun,“ keluhnya.

Diungkapkan tahun ini guru PNS yang pensiun 172, terdiri dari 54 guru SMP dan 118 guru SD. Suradnya pun berharap formasi 305 guru di Kabupaten Gianyar itu bisa diisi oleh ratusan GTT yang selama ini diberdayakan. “ Harapan kita tentu peluang ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh GTT, “ ucapnya.

Namun pihaknya tidak menampik bahwa peluang perekrutan CPNS ini tidak bisa dimanfaatkan oleh sejumlah GTT yang usianya sudah terpau jauh diatas 35 tahun. Padahal sebagain dari mereka sudah tercatat mengabdi puluhan tahun. “ Nah ini yang disayangkan, dan ktia tidak bisa berbuat banyak, karena ini semua prosesnya di BKN, dari pendaftaran tes hingga penerimaan, “ucapnya.*nvi

Komentar