nusabali

RI Tawarkan Investasi Pariwisata

  • www.nusabali.com-ri-tawarkan-investasi-pariwisata

Pariwisata, sangat jelas dan kelihatan. Ekonomi kita sangat terbantu, penghasilan devisa terbantu oleh pertumbuhan wisata internasional.

Pada IMF-World Bank 2018 di Bali


JAKARTA, NusaBali
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal  Thomas Lembong mengatakan pariwisata menjadi salah satu sektor investasi yang akan ditawarkan Indonesia pada pertemuan tahunan  IMF-World Bank 2018 di Bali.

"Pariwisata, sangat jelas dan kelihatan. Ekonomi kita sangat terbantu, penghasilan devisa terbantu oleh pertumbuhan wisata internasional," kata Thomas Lembong, usai rapat di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa (18/9).

Thomas mengatakan pertemuan IMF-World Bank di Bali, 8-14 Oktober 2018 menjadi momentum bagi Indonesia meningkatkan devisa melalui investasi di sektor pariwisata. Selain itu, juga menekankan pengendalian konsumsi BBM impor dengan menggunakan substitusi biodiesel atau campuran bahan bakar nabati yang lebih murah.

"Neraca dagang khususnya BBM impor dengan substitusi biodiesel yang merupakan produk lokal dan lebih murah. Ini langkah positif yang harus ada perhatian ke sektor energi dan bahan bakar," kata Thomas.

Pemerintah berencana menawarkan kesempatan investasi senilai 42,2 miliar dolar AS dengan total proyek sekitar 86 miliar dolar AS pada Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia.

Namun Staf Khusus Menteri BUMN Sahala Lumban Gaol juga mengatakan pemerintah tidak menargetkan realisasi investasi yang masuk dari kesempatan penawaran itu. Sebab yang terpenting, Indonesia dapat memanfaatkan momentum untuk mengundang arus modal masuk.

Model investasi yang ditawarkan pemerintah antara lain penanaman modal langsung berupa kemitraan strategis sebesar 6,6 miliar dolar AS untuk 13 proyek, partisipasi ekuitas 21,2 miliar dolar AS untuk 45 proyek maupun pembiayaan proyek 11,6 miliar dolar AS untuk 19 proyek.

Selain itu, model investasi lainnya adalah investasi ke pasar modal berupa obligasi domestik (MTN) sebesar 748 juta dolar AS untuk dua proyek, obligasi proyek 1,2 miliar dolar AS untuk satu proyek dan dana infrastruktur 852 juta dolar AS untuk empat proyek.

Sektor yang ditawarkan tersebut mencakup investasi dalam bidang energi listrik, minyak dan gas, manufaktur, telekomunikasi, konstruksi dan infrastruktur, transportasi, pelabuhan laut, bandar udara, properti dan real estat, pariwisata dan perhotelan, pertahanan keamanan dan pasar modal. *ant

Komentar