nusabali

Usia Atlet Voli Maksimal 24 Tahun

  • www.nusabali.com-usia-atlet-voli-maksimal-24-tahun

Bukan ajang pencarian pemain ke Pra PON, namun cabor bola voli pada Porprov Bali mengacu pada batasan usia atlet voli pada PON XX tahun 2020 di Papua.

Porprov XIV/2019 di Tabanan


DENPASAR, NusaBali
Teka-teki batasan usia atlet bola voli yang boleh turun pada Porprov Bali XIV di Tabanan tahun 2019 terjawab sudah. Pengprov PBVSI Bali memutuskan batasan usia 24 tahun mengacu hasil Munas PP PBVSI di Surabaya belum lama ini. Dalam Munas itu ditetapkan bahwa pebolavoli pada POB XX di Papua pada tahun 2020 harus di bawah 25 tahun.

Dengan batasan usia 24 tahun itu, maka diharapkan saat multi event empat tahunan antar Provinsi nanti pemain-pemain yang disiapkan tak ada yang melewati batasan usia. "Untuk Porprov maksimal atlet usianya 24 tahun atau kelahiran tahun 1995. Ini acuannya untuk PON Papua diperbolehkan maksimal 25 tahun. Makanya, saya putuskan lebih muda 1 tahun jelang PON," ucap Ketua Umum Pengprov PBVSI Bali Nyoman Sukanada, Selasa (18/9).  

Namun diakui bahwa yang dipakai acuan seleksi Tim Bali untuk proyeksi Pra PON 2020 adalah  Porprov Bali XIII/2017 di Gianyar. Adapun Porprov 2019 di Tabanan diproyeksikan sebagai pematangan. Masalahnya muncul kendala benturan waktu gelaran Pra PON dan Porprov Bali yang sama-sama digelar bulan September 2019.

"Awalnya Pra PON dirancang setelah Porprov Tabanan atau sekitar November. Tapi hasil Munas menyebutkan Pra PON juga dihelat September 2019," terang Sukanada. “Untuk itu kami akan membicarakan lebih dulu bersama jajaran pengurus PBVSI Bali. Mudah-mudahan jadwalnya tidak tabrakan saat bertanding nantinya,” imbuhnya.

Namun begitu dia menyebutkan lebih mengutamakan di Pra PON sebagai upaya lolos PON Papua XX/2020. Meskipun secara resmi tanggal pelaksanaan Pra PON belum diputuskan. Tapi, jadwal di Porprov akan dikomunikasikan lebih lanjut. "Porprov memang sebagai ajang pematangan tim bola voli Pra PON Bali. Makanya, tim Pra PON kita bentuk sebelum Porprov digulirkan," tegas Sukanada. Ditambahkan Sukanada, ajang Pra PON memang sebagai pembuktian tim Pra PON Bali apakah dikirim atau tidak ke PON Papua. Sebab, sistem Pra PON kini menggunakan perangkingan dari seluruh provinsi yang ambil bagian. "Kalau di atas peringkat 6, kami tidak etis mengajukan ke KONI Bali untuk dikirim ke PON Papua. Meskipun sebenarnya kita lolos PON. Tapi orientasi kita juga membidik medali. KONI pasti ada pertimbangan jika kita di atas peringkat 6 di Pra PON," jelas Sukanada.

Untuk itu Pra PON di Sentul Bogor Jawa Barat nanti kita tim Bali harus mampu bersaing ketat terutama tim bola voli asal Jawa Timur yang sering mengandaskan Bali di semifinal PON. Itu terjadi beruntun dua saat event PON. Sementara daerah lainnya di Jawa, baik Jawa Barat dan Jogjakarta tim bola voli asal Bali masih bisa saling kalah dan mengalahkan.

Perlu diketahui saat PON Jabar, tim Bola Voli Bali gagal meraih medali. Hanya mampu finish peringkat 4setelah dikalahkan Jawa Barat di perebutan medali perunggu. Dan, sebelum itu menyerah dengan dari Jatim. Padahal di awal penyisihan tim Bola Voli Bali yang dimotori IB Heri Yumaneki atau Gus Ekik sempat mempermalukan tim tuan rumah Jawa Barat di penyisihan grup. Namun pada penentuan perebutan tempat ketiga yang akhirnya kembali ketemu tim Jawa Barat, Bali gagal mempertahankan raihan medali perunggu di PON sebelummya. *dek

Komentar