nusabali

Antara Biro Bali Kenalkan Jurnalistik kepada 72 Siswa SMA

  • www.nusabali.com-antara-biro-bali-kenalkan-jurnalistik-kepada-72-siswa-sma

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Bali mengenalkan jurnalistik, fotografi, serta kantor berita kepada 72 orang siswa dari dua sekolah favorit di Kota Denpasar dalam ‘roadshow jurnalistik’ yang berlangsung di SMAN 1 Denpasar, Selasa (18/9).

DENPASAR, NusaBali
Dalam acara itu, turut hadir Wakasek Kurikulum SMAN 1 Denpasar, Cok Gede Anom Wiratmaja Spd MPd, mewakili kepala sekolah setempat yang sedang bertugas ke Jogjakarta. Ia mengucapkan terima kasih kepada LKBN Antara yang telah membagikan ilmunya kepada para siswa untuk lebih mengenal bagaimana cara menulis berita dan trik mengambil foto yang baik.

"Kami berharap para siswa yang ikut dalam acara ini bisa menggali lebih banyak ilmu tentang jurnalistik bersama Kantor Berita Antara Biro Bali," katanya saat menyampaikan sambutan di hadapan 72 siswa dari dua sekolah yakni SMAN 1 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar itu.

Siswa yang hadir dalam roadshow jurnalistik itu, kata Cok Anom, rata-rata merupakan siswa yang terjun dan terlibat langsung dalam anggota majalah dinding yang ada di SMAN 1 Denpasar atau dari SMAN 3 Denpasar.

Dalam roadshow jurnalistik yang diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-81 Kantor Berita Indonesia Antara itu, Kepala LKBN Antara Biro Bali, Edy M Yakub, memberikan pemaparan secara singkat tentang kantor berita yang ada di dunia dan lokal di Tanah Air, yang pada saat era zaman ‘now’ memungkinkan masyarakat bisa mendapat informasi melalui media cetak dan media online (portal).

"Kami ingin memperkenalkan kepada siswa tentang Kantor Berita di Indonesia khususnya dan posisi Antara diantara 105 kantor berita di dunia pada umumnya. Jadi, Antara merupakan media tertua di Tanah Air yang tetap berkomitmen untuk memihak kepentingan bangsa dan negara," katanya dalam acara yang semula hanya diikuti 45 peserta yang mendaftar lewat sekolah itu.

Dulu, katanya, Antara sebagai kantor berita hanya melayani media massa, tapi di zaman now sudah melayani media massa dan publik. "Dalam melayani publik, Antara menggunakan saluran portal konvergensi, layanan galeri publik (pendidikan jurnalistik dan pameran foto), layanan big data (melalui videotron, TV kabel, TV content, data peta isu), dan diplomasi publik sebagai public relation (PR Negara dan PR Bali)," katanya.

Pihaknya juga mengharapkan, siswa SMAN 1 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar yang hadir dalam acara ini lebih tertarik untuk belajar menulis dan belajar foto. "Saya berharap, siswa termotivasi untuk menulis, sehingga dengan adanya kunjungan kami ini, bisa menambah wawasan siswa untuk bisa lebih baik lagi dalam membuat tulisan menarik, khususnya di majalah dinding," katanya. *ant

Komentar