nusabali

TK Tantri Pohsanten Dinilai Tim Lomba UKS Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-tk-tantri-pohsanten-dinilai-tim-lomba-uks-provinsi-bali

Taman Kanak-kanak (TK) Tantri di Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, yang menjadi duta Kabupaten Jembrana dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Bali, dinilai tim penilai, Selasa (18/9).

NEGARA, NusaBali
Kehadiran rombongan tim penilai yang dipimpin Desak Ketut Andika Andayani, itu diterima oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan yang didampingi sejumlah kepala OPD Pemkab Jembrana, Camat Mendoyo, perangkat Desa Pohsanten, dan pengurus TK Tantri.

Kepala Sekolah TK Tantri Ni Putu Ayu Ernawati, mengatakan pada tahun 2018 ini terdapat 47 orang siswa. TK Tantri yang merupakan TK swasta berdiri sejak 2011.

“Sebagai langkah awal, khusus di bidang UKS kami lakukan penanaman dasar perilaku hidup bersih dan sehat, dengan membiasakan anak anak menjaga kebersihan diri sendiri dan menanamkan perilaku Tri Hita Karana,” tutur Ernawati.

Ketua Tim Penilai Desak Ketut Andika Andayani, menyampaikan beberapa hal yang menjadi penilaian penting pada lomba kali ini. Di antaranya adalah higienitas dan sanitasi lingkungan. “Bagaimana perilaku siswanya, kebersihan toilet, kebersihan ruangan, jajanan kantin juga kami nilai. Pada penilaian kami melibatkan anggota tim dari berbagai kompetensi,” ungkapnya.

Sedangkan Wabup Kembang Hartawan, mengatakan generasi TK sekarang masuk pada generasi Alpha yang sangat akrab dengan teknologi baru. Generasi inilah yang nantinya menjadi calon pemimpin masa depan di tahun 2040. “Generasi Alpha akan menjadi generasi emas kita, menjadi pemimpin bangsa. Dan tentunya kita tidak boleh salah mendidiknya. Saya berharap agar dalam mendidik anak-anak kita, tidak melupakan pola hidup yang sehat. Itu nantinya tentu akan menciptakan generasi-generasi yang sehat pula,” ujarnya. *

Komentar